Manajer Persebaya Candra Wahyudi berfoto bersama Aryn Williams usai penandatanganan kontrak di Kantor Persebaya. (Persebaya)
Amunisi Baru di Barisan Pertahanan Persebaya
Williams Gunakan Jersey No. 28

Persebaya bakal punya amunisi baru pada putaran kedua Shopee Liga 1 2019. Penyerang David da Silva dan gelandang bertahan Aryn Williams, siap diturunkan. Bahkan, Da Silva yang musim lalu sudah menjadi top scorer Persebaya, berpeluang diturunkan saat melawan Bhayangkara FC Sabtu mendatang (31/8).

Soal Da Silva, penggemar Persebaya sudah mengenal dengan baik. Dia bergabung sebulan lalu, setelah sebelumnya sempat hijrah ke Pohang Steelers, klub kasta tertinggi Korea Selatan. Dia akan bersama Persebaya sampai akhir musim 2020.

Nah, soal Williams banyak Bonek-Bonita masih bertanya-tanya, siapa dia dan bagaimana sepak terjangnya.

Posisi asli Williams adalah gelandang bertahan. Lahir di Inggris 25 tahun silam, dia juga bisa bermain di posisi centre back. Dua musim terakhir, dia bermain di I-League India bersama Neroca FC. Musim 2017/2018 dia mengantarkan Neroca FC finis kedua di klasemen akhir. Lalu finis keenam di musim 2018/2019.

Williams nyaris selalu bermain sepanjang musim lalu. Dari 20 pertandingan, pemain dengan tinggi 176 cm itu hanya absen sekali karena akumulasi kartu. Sebagai pemain bertahan, dia menyumbangkan dua gol dan empat assist.

”Posisi saya sebenarnya gelandang bertahan. Namun, musim lalu bersama Neroca saya dua kali bermain sebagai centre back, ketika pemain di posisi itu absen,” jelasnya saat penandatanganan kontrak di kantor marketing Persebaya. 

Ketangguhan Williams dalam bertahan dibutuhkan Persebaya pada sisa musim ini. Sebab, begitu banyak pemain bertahan Persebaya yang dipanggil timnas. Saat ini saja tiga bek Persebaya dipanggil timnas senior. Lalu, mulai Oktober nanti aka nada pemusatan latihan panjang timnas untuk SEA Games. Di tim tersebut, kemungkinan besar defender Rachmat Irianto dan striker Osvaldo Haay dipanggil.

Williams kemarin sudah menyelesaikan beberapa tahapan untuk menjadi pemain Persebaya. Mulai tes kesehatan, sampai penandatanganan kontrak. Saat ini tinggal menunggu penyelesaian verifikasi yang dilakukan PT LIB selaku operator liga.

Meski belum pernah bermain di Indonesia, Williams cukup familier dengan pemain-pemain Persebaya. Di antaranya adalah Irfan Jaya, Osvaldo Haay, maupun Otavio Dutra.

”Saya sudah mempelajari rekaman beberapa pertandingan Persebaya. Saya rasa saya tidak akan mengalami masalah untuk beradaptasi di tim ini,” paparnya. 

Agar bisa segera nyetel dengan Ruben Sanadi dkk, pagi ini Williams akan langsung bergabung dalam sesi latihan Persebaya. ”Saya akan mengenakan jersey nomor 28. Itu adalah tanggal lahir saya,” tutupnya. (*)

 

 

BERITA LAINNYA