Oktafianus Fernando mendapat hadangan dari Maman Abdurahman yang berhujung Penalti untuk Persebaya dalam pertandingan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo (Persebaya)
Full-time Shopee Liga 1 2019: Persebaya 1-1 Persija Jakarta
Skuad Minim Persebaya Berbuah Satu Poin

Satu poin harus puas diterima Persebaya pada lanjutan Shopee Liga 1 2019. Tampil tanpa sejumlah pemain utama, Persebaya sukses memperagakan permainan apik. Sayang, Persebaya ditahan imbang 1-1 oleh Persija Jakarta di Stadion Gelora Bung Tomo sore ini.

Pada laga ini, Persebaya kehilangan enam pemain. Tiga diantaranya mengikuti pemusatan latihan timnas Indonesia. Hansamu Yama Pranata, Otavio Dutra dan Irfan Jaya. Sementara dua pemain lainnya mendapat akumulasi kartu, yakni Rachmat Irianto dan Osvaldo Haay. Satu lagi yaitu M. Alwi Slamat harus mengikuti kegiatan kesatuan.

Di babak pertama, Persebaya yang lebih banyak menekan dan mendominasi permainan belum bisa menggetarkan gawang Persija. Sementara tim tamu lebih memilih bertahan dan mengandalkan hadiah tendangan bebas. Tidak ada gol yang tercipta hingga turun minum.

Memulai babak kedua, Persebaya langsung memberikan tekanan ke tim tamu. Persebaya nyaris memimpin setelah bola dari Ruben Karel Sanadi. Tetapi bola yang mengarah ke tiang jauh Persija bisa ditepis kiper Shahar Ginanjar di menit ke-49. Bola muntah disambar oleh Fandi Eko Utomo masih belum menemui sasaran.

Persija keluar dari tekanan Persebaya di menit ke-53. Berawal ketika Feby Eka melepaskan tembakan kencang melambung jauh di atas mistar gawang Persebaya. Tetapi gawang Persebaya bergetar setelah tembakan keras penyerang Persija Marko Simic tak mampu dihentikan oleh Miswar Saputra di menit ke-68.

Tertinggal dari Persija tak membuat Persebaya mengendorkan serangan. Hasilnya permainan satu dua Persebaya menghasilkan hadiah penalti. Sebab wasit Aprisman Aranda menilai Maman Abdurahman dianggap melanggar Oktafianus Fernando. Eksekusi dari Misbakus Solikin membuat skor berubah menjadi 1-1 pada menit ke-80.

Mendekati menit-menit akhir, Persebaya tak mengendurkan serangan. Bajol Ijo tetap mengandalkan penguasaan bola untuk menekan Persija. Sementara Macan Kemayoran, julukan Persija, mulai berani bermain terbuka.

Penyerang muda Persebaya Moch. Supriadi nyaris mengubah kedudukan di masa tambahan waktu. Sayang bola sontekannya masih membentur badan kiper Persija Shahar Ginanjar. Tak lama berselang peluit panjang dibunyikan wasit Aprisman Aranda. Skor 1-1 tidak berubah. (*)

 

 

 

 

BERITA LAINNYA