Persebaya U-19 saat berlatih bersama tim Western Australia Selection di Perth tahun lalu (Persebaya)
Jembatan Budaya Indonesia-Australia
Tim U-19 Western Australia Jajal Tim Persebaya Junior

Persebaya akan kedatangan tamu istimewa pada 19 Juli 2019 mendatang. Tim kebanggaan Surabaya itu akan mendapat kunjungan dari tim asal Australia, Gold Fields Men’s U-19 Western Australian State Squad. Selama sepekan di Surabaya, mereka akan melakukan serangkaian uji coba melawan tim junior Persebaya.

Tidak hanya Persebaya U-18 yang dijajal kekuatannya oleh Gold Fields Men’s U-19. Mereka juga akan beruji coba melawan PS Kopa dan Persebaya U-20. Mereka Juga akan berlatih bersama Persebaya U-16.

Kunjungan Gold Fields Men’s U-19 merupakan balasan atas kunjungan tim Persebaya U-19 ke Negeri Kanguru tahun lalu. Saat itu, Persebaya U-19 ditukangi Bejo Sugiantoro yang kini menjadi asisten pelatih tim senior Bajol Ijo.

Paul Mercer, acting commisioner Western Australian, mengaku senang dengan adanya kerja sama Persebaya dengan tim sepak bola Western Australia. ”Saya sangat senang Western Australia bisa bekerjasama dengan salah satu tim terbesar di Jawa Timur, Persebaya Surabaya. Karena dengan kegiatan ini juga kita bisa menyatukan anak muda kita, membuat mereka belajar kebudayaan satu sama lain, dan itu adalah hal yang baik,” katanya.

Selama di Surabaya, Gold Fields Men’s U-19 tidak hanya bermain dan berlatih sepak bola. Mereka juga akan menyaksikan pertandingan Persebaya melawan PS Tira Persikabo Minggu nanti. Mereka juga akan mengunjungi sejumlah obyek wisata dan cagar budaya. Itu sebagai langkah untuk memperkenalkan budaya Indonesia ke kancah internasional.

Chris Barnes, Konsul-Jenderal Australia di Surabaya, mengungkapkan sangat senang bisa ambil bagian dalam memperkuat perkembangan olahraga serta hubungan antara Australia dan Indonesia melalui diplomasi olahraga seperti ini. ”Selama menjadi Konsul Jenderal Australia di Surabaya, saya telah melihat sendiri betapa pentingnya sepak bola dalam budaya Arek Suroboyo. Saya ikut merasakan semangat teman-teman Bonek saat menghadiri pertandingan Persebaya di Gelora Bung Tomo beberapa waktu yang lalu,” jelasnya.

Gold Fields Men’s U-19 akan berada di Surabaya sampai 26 Juli. Mereka berkekuatan 16 pemain dan 5 ofisial. (*)

 

 

BERITA LAINNYA