Pemain sayap PS Kota Pahlawan Bobby Ambarsari menggiring bola pada pertandingan uji coba melawan Putra Jombang di Lapangan Sepakbola Bungurasih, Sidoarjo pagi tadi. PS KoPa harus menelan kekalahan 0-2 jelang terjun di Liga 3 Kapal Api Jawa Timur 2019. (Persebaya)
Jelang Liga 3 Kapal Api Jawa Timur 2019
PS KoPa Masih Butuh Uji Coba

Para pemain PS Kota Pahlawan (KoPa) terus diasah menerapkan skema permainan anyar. Pelatih PS KoPa Achmad Rosyidin ingin menambah banyak pilihan strategi dan taktik. Skema anyar itu digenjot melalui uji coba sebelum menghadapi Liga 3 Kapal Api Jawa Timur 2019.

Program ini dipilih Achmad Rosyidin guna memantau sejauh mana perkembangan anak asuhnya selama menjalani empat kali pertandingan uji coba. Terbaru, PS KoPa takluk 0-2 dari Putra Jombang pada uji coba di Lapangan Sepakbola Bungurasih, Sidoarjo pagi tadi.

Dua gol dari Putra Jombang dipersembahkan oleh Bagas Khafid dan Reni Pujianto melalui titik putih. Walaupun kalah, terbukti mereka mampu menerapkan permainan apik dan menguasai jalannya pertandingan.

“Meski masih banyak 'PR' yang harus dikerjakan, namun secara keseluruhan anak-anak sudah menunjukkan kemajuan cukup bagus,” ungkap Achmad Rosyidin setelah pertandingan.

Tim satelit bentukan manajemen Persebaya ini sudah melakoni empat kali uji coba untuk memanaskan strategi dan taktik. Hasilnya, PS KoPa menang atas klub internal Al Rayyan (3-1), tim Angkatan Laut (6-0), dan Porprov Denpasar (5-0).

“Ada modifikasi sedikit dari skema permainan sebelumnya. Kami perlu mempersiapkan banyak skema permainan agar tidak terbaca lawan,” terang Achmad Rosyidin. “Kekalahan kami melawan kesebelasan yang berlaga di kompetisi yang sama. Tentunya hasil ini kami evaluasi,” imbuh mantan asisten pelatih Persebaya ini.

Dia menyebutkan jika penyelesaian akhir Lukman Hakim dkk kurang baik. Hal inilah yang sekarang menjadi pekerjaan rumah dan harus segera dibenahi. Berikutnya adalah dari sisi pertahanan yang kadang-kadang terlena ketika tim menggalang serangan. Saking asyiknya menekan pertahanan lawan, malahan lupa dengan keamanan gawangnya sendiri.

“Makanya untuk memastikan perkembangan tim, saya memiliki program uji coba sebelum bertanding di laga resmi Liga 3. Kami dijadwalkan bermain pada 3 Agustus mendatang,” tandas Achmad Rosyidin. (*)

BERITA LAINNYA