Para pemain Persebaya memulai official training dengan dipimpin oleh pelatih fisik Danang Suryadi (tengah) sebelum melahap materi utama di Stadion Gelora Bung Tomo sore tadi. Persebaya akan menjamu Persib Bandung besok malam pada lanjutan Shopee Liga 1 2019. (Persebaya)
Preview Shopee Liga 1 2019: Persebaya vs Persib

Persebaya Pantang Lakukan Kesalahan di Momen-Momen Kritis

Dua kemenangan beruntun dibukukan Persebaya di Shopee Liga 1 2019. Berikutnya, Green Force membidik hat-trick kemenangan kala menjamu Persib Bandung besok malam (5/7) di Gelora Bung Tomo. Kesalahan-kesalahan di momen kritis yang terjadi di laga sebelumnya, menjadi fokus pembenahan.

Persebaya memang sering kebobolan di momen-momen kritis. Terutama di awal babak. Baik babak pertama maupun kedua. Dalam laga melawan Persela lalu, gawang Persebaya sudah kemasukan pada menit ketiga. Hal serupa juga terjadi pada beberapa pertandingan sebelumnya.

Melawan Persela, Persebaya pada akhirnya memang menang meski kemasukan begitu cepat. Namun, menghadapi tim yang lebih kuat seperti Persib, hal itu tidak boleh terjadi.

”Kami harus lebih fokus, tidak boleh lagi ada kesalahan seperti saat melawan Persela,” kata Ruben Sanadi, kapten Persebaya (4/7). ”Bersama pelatih, kami sudah melakukan evaluasi. Seluruh pemain yang akan diturunkan besok sudah siap menjalani instruksi pelatih dengan sebaik-baiknya,” lanjutnya.

Menghadapi Persib, Persebaya memiliki rekor pertemuan yang bagus. Mayoritas memenangkan pertandingan sejak era Liga Indonesia. Bahkan, sejak Persebaya ditukangi Djadjang Nurdjaman, Persebaya selalu menang atas Persib. Baik di liga musim lalu maupun saat bertemu di Piala Presiden lalu.

Sore tadi Manuchehr Jalilov dan Rendi Irwan serta pemain-pemain Persebaya lainnya tampak menikmati sesi official training di Stadion Gelora Bung Tomo sebelum melawan Persib Bandung pada laga lanjutan Shopee Liga 1 2019 besok malam. (Persebaya)

Posisi Djanur yang pernah melatih dan mengantarkan Persib menjadi juara Liga Indonesia 2012/2013 memberikan keuntungan tersendiri. Djanur kenal dengan gaya main mayoritas pemain Maung Bandung.

”Kami harus mewaspadai ambisi kebangkitan Persib. Kami harus habis-habisan untuk mengamankan poin penuh,” kata Djanur.

Memang, Persib datang dengan motivasi ekstra. Pekan lalu, mereka kalah 1-2 dari Bhayangkara FC di kandang. Tim besutan Robert Rene Alberts tentunya ingin menebus poin yang hilang di kandang dengan mencuri poin dari Surabaya.

Persebaya akan ditinggal sejumlah pemain dalam laga besok. Osvaldo Haay, Damian Lizio, dan Oktafianus Fernando bakal absen. Osvaldo harus pulang ke Papua. Lizio akumulasi kartu. Sedangkan Ofan mengalami cedera. Djanur menegaskan telah mempersiapkan sejumlah opsi untuk menyiasati kondisi itu.

”Setelah mencetak gol, kepercayaan diri Amido Balde sedang tinggi. Makanya kami persiapkan dia untuk tampil,” ucap Djanur.

Dalam beberapa pertandingan terakhir, Amido Balde banyak disimpan. Namun, dalam pertandingan terakhir melawan Persela, dia mencetak gol kemenangan Bajol Ijo.

“Harapan kami besok Persebaya kembali menang. Sebab tiga angka bisa mengatrol posisi Persebaya lebih baik lagi. Dan jujur, hasil-hasil sebelumnya atas Persib membuat kami optimis bisa kembali mengulanginya,” tutup Djanur. (*)

BERITA LAINNYA