Oktafianus Fernando membubuhkan satu gol ke gawang Borneo FC. Gol ke gawang Borneo FC itu adalah gol pertamanya musim ini di Liga.  Winger Persebaya itu menjawab kepercayaan pelatih dengan tampil apik pada pertandingan malam tadi (Persebaya)
Djanur Apresiasi Perjuangan Pemain
Motivasi Ofan Jawab Kepercayaan Pelatih

Persebaya butuh empat pertandingan untuk meraih kemenangan perdana di Shopee Liga 1 2018. Dua gol dari Ruben Sanadi dan Oktafianus Fernando membawa Bajol Ijo membawa pulang tiga poin dari kandang Borneo FC malam ini.

Dari segi peluang mencetak gol, sebenarnya lebih banyak didapatkan saat Ruben dkk melawan Madura United Rabu lalu (19/6). Namun, kombinasi akurasi, kekompakan, dan keberuntungan, membuat Persebaya mencetak lebih banyak gol. Gol Terens Puhiri pada menit ke-89 tidak menghalangi pasukan Djadjang Nurdjaman membawa poin penuh dari Kalimantan.

Dengan kemenangan itu, Persebaya merangsek ke papan tengah. Raihan lima poin dari sekali menang, dua kali seri, dan sekali kalah membuat Green Force menduduki peringkat ke-10.

”Alhamdulillah. Ini tiga poin yang sangat penting bagi kami, setelah sebelumnya belum bisa meraih kemenangan,” kata Djanur seusai pertandingan. ”Saya sangat mengapresiasi perjuangan pemain. Meski secara kebugaran belum ideal, karena tiga hari lalu baru saja melawan Madura yang sangat menguras tenaga,” lanjutnya.

Djanur berharap, kemenangan perdana ini bisa menjadi awal bagi Persebaya meraih kemenangan-demi kemenangan lainnya. Sebagai catatan, dalam dua hasil seri sebelumnya, Persebaya selalu leading. Namun, koordinasi dan konsentrasi yang kurang maksimal membuat Kalteng Putra dan PSIS Semarang berhasil mencuri gol. Dua pertandingan tersebut berakhir dengan skor imbang 1-1.

Ofan, sapaan Oktafianus, sependapat dengan Djanur. Kemenangan perdana di Kalimantan sejak Persebaya kembali ke kancah sepak bola nasional dia yakini bisa menjadi awal meraih kemenangan demi kemenangan. Juga awal dari gol-golnya di pertandingan selanjutnya. Sebagai catatan, gol ke gawang Borneo FC tadi adalah gol pertamanya musim ini di Liga. 

”Pertandingan yang berat sejak awal. Namun, kami melaluinya dengan baik berkat kerja sama dan kekompakan yang solid. Semoga kemenangan ini menjadi momen kebangkitan, kami meraih kemenangan demi kemenangan pada laga berikutnya,” jelas pemain jebolan kompetisi internal Persebaya itu. 

Pemain yang membela Persebaya sejak Liga 2 2016 itu semakin mantap menjadi starter di posisi winger. Dalam dua pertandingan terakhir, dia dipasang sebagai starter. Dalam laga melawan Madura United, tendangannya sempat membentur mistar. 

”Pulih dari cedera yang cukup lama dan diturunkan sebagai starter, tentu saja saya sangat termotivasi. Saya tidak ingin menyia-nyiakan kepercayaan dari Coach Djanur. Puji Tuhan kita bisa menang mala mini,” paparnya.

Persebaya besok akan kembali ke Surabaya. Ruben dkk sudah harus bersiap menghadapi leg kedua Piala Indonesia melawan Madura United pada 27 Juni nanti. Hasil seri 1-1 pada leg pertama di Surabaya, membuat Persebaya harus menang atau seri dengan gol lebih dari satu untuk mengamankan tiket ke semifinal. (*)

 

BERITA LAINNYA