Ekspresi winger Persebaya Oktafianus Fernando saat merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Borneo FC pada lanjutan Shopee Liga 1 2019. Persebaya membawa pulang tiga angka setelah menang 2-1 atas Borneo FC di Stadion Segiri, Samarinda malam ini. (Persebaya)
Fulltime Shopee Liga 1 2019: Borneo FC 1-2 Persebaya
Bajol Ijo Bawa Pulang Kemenangan

Permainan ngeyel dan ngosek membuat Persebaya meraih tiga angka dari markas Borneo FC di Stadion Segiri, Samarinda malam ini. Bajol Ijo memetik kemenangan 2-1 atas tuan rumah pada lanjutan Shopee Liga 1 2019.

Gol apik dari Ruben Karel Sanadi membawa Persebaya memimpin di babak pertama. Keunggulan ini menjadi modal berharga Bajol Ijo menghadapi Borneo FC diparo kedua.

Hanya saja, gawang Persebaya lebih dulu mendapat ancaman pada menit ke-48. Sepakan Renan Da Silva cukup berbahaya. Kendati demikian itu belum cukup untuk menggetarkan jala gawang Persebaya yang dikawal Miswar Saputra.

Laga memasuki menit ke-50, gelandang Damian Lizio berkali-kali menciptakan peluang bagi Persebaya. Tetapi sepakan maupun umpannya tidak bisa dikonversi menjadi gol tambahan bagi Bajol Ijo. Salah satunya umpan ke Oktafianus Fernando lebih dulu dijangkau kiper Nadeo Arga Winata yang mengawal gawang Borneo FC. Kemudian tembakan dari luar kotak penalti Damian Lizio masih tepat dipelukan kiper Nadeo Arga Winata di menit ke-55.

Kekuatan Persebaya sempat tergerus dalam tempo sepuluh menit. Diawali dengan ditarik keluarnya stopper Hansamu Yama Pranata (58) disusul kemudian Muhammad Hidayat di menit ke-68. Keduanya tidak mampu melanjutkan pertandingan karena mendapat cedera.

Meski begitu, tim asal Kota Pahlawan ini mampu menambah keunggulan pada menit ke-71. Berawal dari umpan tarik Manuchehr Jalilov yang disambut dengan sontekan Oktafianus Fernando yang berdiri tanpa kawalan didepan kiper Nadeo Arga Winata. Untuk sementara skor menjadi 2-0 bagi keunggulan Persebaya.

Kombinasi Terens Owang Priska Puhiri, Lerby Eliandry Pong Babu dan Matias Conti memberikan ancaman ke gawang Persebaya. Tetapi tembakan kaki kiri Matias Conti masih mampu dihentikan oleh Miswar Saputra. Kiper Persebaya asal Aceh ini tampil gemilang.

Kendati demikian gawang Persebaya akhirnya koyak setelah sepakan Terens Owang Priska Puhiri yang berdiri bebas tak mampu dihentikan Miswar Saputra pada menit ke-89. Di penghujung pertandingan kedua tim bermain terbuka. Wasit Oki Dwi Putra Senjaya akhirnya meniup peluit panjang. Kedudukan tak berubah 2-1 untuk keunggulan Persebaya. (*)

BERITA LAINNYA