Gelandang Persebaya Damian Lizio melewati hadangan dari bek sekaligus kapten tim Borneo FC Diego Robbie Michiels pada lanjutan Shopee Liga 1 2019. Pada laga babak pertama malam ini di Stadion Segiri, Samarinda, Persebaya memimpin 1-0 atas Borneo FC. (Persebaya)
Halftime Shopee Liga 1 2019: Borneo FC 0-1 Persebaya
Ruben Bawa Bajol Ijo Memimpin

Gol cantik dari Ruben Karel Sanadi untuk sementara membawa Persebaya memimpin atas Borneo FC pada lanjutan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Segiri, Samarinda malam ini.

Persebaya coba menekan melalui Oktafianus Fernando begitu peluit kick-off berbunyi. Tetapi usaha Ofan berhasil dipatahkan Abdul Rahmandan hanya menghasilkan sepak pojok. Gawang Persebaya mendapat tekanan pertama melalui situasi sepak pojok. Beruntung sundulan dari Matias Conti pada menit ke-3 tidak menemui sasaran.

Terjatuhnya Manuchehr Jalilov di dalam kotak terlarang Borneo FC tak membuat wasit menghukum tuan rumah di menit ke-6. Meski demikian, mental para pemain Bajol Ijo tak terpengaruh dengan keputusan wasit Oki Dwi Putra Senjaya. Persebaya pun tak mengendorkan intensitas serangan.

Persebaya masih menguasai permainan dan membangun serangan dari lini belakang. Barisan penyerang Persebaya yang diisi Manuchehr Jalilov, Osvaldo Haay dan Oktafianus Fernando berkali-kali mampu menembus lini belakang Pesut Etam, julukan Borneo FC. Tim asal Kota Pahlawan ini mencoba memancing Borneo FC yang memilih bertahan di area sendiri.

Persebaya mendapat peluang emas ketika pertandingan berjalan 35 menit. Osvaldo Haay dalam situasi one on one dengan kiper Borneo FC Nadeo Arga Winata tidak lekas mengeksekusi. Pemain berdarah Banyuwangi ini memberikan umpan ke Oktafianus Fernando. Sayang bola terlampau pelan hingga bisa disapu oleh Javlon Guseynov.

Tak berselang lama giliran gawang Persebaya menerima ancaman dari Borneo FC melalui tendangan bebas. Berawal dari pelanggaran Muhammad Hidayat di depan kotak penalti Persebaya. Namun sepakan bebas Renan Da Silva masih berhasil ditepis Miswar Saputra dan membentur mistar gawang sebelum dihalau menjauh.

Persebaya berhasil mencetak gol lebih dulu melalui aksi kapten tim Ruben Karel Sanadi pada menit ke-41. Menerima umpan dari Manuchehr Jalilov, Ruben Sanadi yang muncul dari belakang langsung melepaskan tendangan keras dan sempat mengenai tangan Nadeo Arga Winata, kiper Borneo FC. Tidak ada gol tambahan hingga turun minum. (*)

BERITA LAINNYA