Gelandang serang Persebaya Manuchehr Jalilov (tengah) dihadang dua pemain Madura United pada laga leg pertama babak 8 besar Piala Indonesia. Untuk sementara Persebaya tertinggal 0-1 dari Madura United di Stadion Gelora Bung Tomo sore ini (19/6). (Persebaya)
Halftime Leg Pertama 8 Besar Piala Indonesia: Persebaya 0-1 Madura United

Tertinggal Lewat Gol Cepat

Untuk sementara Persebaya harus lebih dulu tertinggal 0-1 dari Madura United pada laga babak 8 besar Kratingdaeng Piala Indonesia 2018. Berlaga di Stadion Gelora Bung Tomo sore ini (19/6), Persebaya dikejutkan gol cepat penyerang Madura United, Aleksandar Rakic.

Aleksandar Rakic membuat gawang Persebaya bergetar lebih dulu pada menit ke-2. Top skor Liga 1 musim lalu itu lepas dari jebakan offside. Untuk sementara Bajol Ijo tertinggal 0-1 dari tim tamu.

Persebaya mencoba lepas dari pressing ketat Madura United. Akibatnya pemain-pemain Persebaya membuat kesalahan umpan di area permainan sendiri. Bahkan gawang Persebaya nyaris kembali bergetar di menit ke-10. Beruntung, Miswar Saputra tampil gemilang menghentikan tendangan-tendangan pemain Madura United.

Persebaya membangun serangan dari belakang dan tidak terburu-buru mengarahkan bola ke kotak penalti lawan. Manuchehr Jalilov membuat peluang pertama bagi Persebaya di menit ke-21. Sayang tendangannya masih bisa dihentikan Muhammad Ridho Djazulie, kiper Madura United.

Miswar Saputra kembali melakukan penyelamatan gemilang pada menit ke-24. Kiper asal Aceh ini menghentikan tendangan keras pemain Madura United Andik Vermansah. Selepas itu giliran Persebaya yang kembali mengancam gawang Laskar Sapeh Kerrab – julukan Madura United. Sayang kali ini tembakan Manuchehr Jalilov yang berdiri bebas justru melambung tinggi di menit ke-28.

Memasuki menit ke-35, Persebaya terus mengurung pertahanan Madura United. Tetapi bola berulang kali disapu barisan pertahanan tim tamu yang dikomandoi Jaimerson Xavier. Pada menit ke-40, Persebaya membuat sejumlah peluang. Masing-masing melalui Oktafianus Fernando dimanatembakan kaki kirinya diarahkan ke tiang jauh gawang Madura United. Sayang tiang gawang menjadi penyelamat bagi tim tamu. Sebelumnya sundulan dari Manuchehr Jalilov bisa ditepis oleh Muhammad Ridho Djazulie.

Hingga babak pertama berakhir, Madura United masih mengamankan keunggulan satu gol atas Persebaya. Masih ada 45 menit kedua, Jol. (*)

BERITA LAINNYA