Para pemain Persebaya U-16 merayakan gelar juara Liga Berjenjang U-16 Piala Menpora 2019 regional Surabaya. Mereka menang 1-0 atas Krian United pada babak final di Lapangan Pusdik Arhanud se-8, Gedangan, Sidoarjo sore ini (16/6). (Persebaya)
Liga Berjenjang U-16 Piala Menpora 2019
Juara Sempurna Bajol Ijo Cilik

Gelar juara Liga Berjenjang U-16 Piala Menpora 2019 regional Surabaya direngkuh Persebaya U-16 dengan sempurna. Mereka memastikan gelar juara setelah mengalahkan Krian United dengan skor 1-0 pada babak final di Lapangan Pusdik Arhanud se-8, Gedangan, Sidoarjo sore ini (16/6). Hasil ini membawa Persebaya U-16 dan Krian United ke babak 16 besar Jawa Timur.

Enam laga dilalui Bajol Ijo Cilik tanpa sekalipun kehilangan poin. Pramudya Bintang dkk berhasil membuat lawan-lawannya tak berkutik. Mereka mencetak 13 gol dan hanya kebobolan dua kali.

Meski begitu, langkah tim asuhan Ridwan Anwar cukup berat begitu memasuki babak semifinal. Persebaya U-16 harus menghadapi kekuatan terbaik Petrogres Gresik. Jika sebelumnya mereka berhasil menang telak 6-1, di babak semifinal Persebaya U-16 harus berjuang keras sebelum memastikan kemenangan lewat sontekan Angga Difa pada menit ke-25.

Di babak final, Persebaya U-16 menghadapi perlawanan ngotot Krian United. Setelah bermain imbang tanpa gol di babak pertama, Persebaya U-16 harus kehilangan satu pemain di babak kedua. Namun Persebaya U-16 memastikan gelar juara setelah Fernando Pamungkas mencetak gol di menit ke-48.

Fernando Pamungkas (10) menjadi salah satu pahlawan Persebaya U-16 setelah gol tunggalnya menjebol gawang Krian United pada babak final di Lapangan Pusdik Arhanud se-8, Gedangan, Sidoarjo sore ini (16/6). (Persebaya)

“Alhamdulillah final yang luar biasa. Secara permainan, kedua tim tampil baik. Krian United memberikan perlawanan sengit dan kami tampil dengan 10 pemain. Hasil ini merupakan kerja keras anak-anak yang mampu tampil maksimal,” ujar Ridwan seusai laga.

“Tetapi perjuangan Persebaya U-16 belum usai. Masih ada babak 16 besar wilayah Jawa Timur. Kami akan segera menggelar evaluasi untuk pemantapan skema serta taktikal,” imbuh pria yang juga pelatih HBS, klub internal Persebaya, ini.

Sementara itu, Korprov Liga Berjenjang U-16 Piala Menpora 2019 Jawa Timur Heri Sudarsono mengatakan juara dan runner up dari delapan regional bakal bertemu untuk menentukan wakil ke babak nasional. Rencananya babak 16 besar digeber pada akhir Juli mendatang. “Juara dan runner up dari masing-masing regional akan kembali bertanding akhir Juli mendatang. Untuk tempat akan segera disampaikan,” tegasnya. (*)

 

Road to Champions
Liga Berjenjang U-16 Piala Menpora 2019 Regional Surabaya

Persebaya U-16 1-0 Fasco Academy
Persebaya U-16 2-1 Star Academy Surabaya
Persebaya U-16 6-1 Petrogres Gresik
Persebaya U-16 2-0 Akademi Maesa
Persebaya U-16 1-0 Petrogres Gresik
Krian United 0-1 Persebaya U-16
BERITA LAINNYA