Pemain Persebaya U-16 Ruy Arianto (kanan) mendapat kawalan ketat dari pesepakbola Kalteng Putra U-16 pada laga lanjutan Elite Pro Academy U-16 Grup C Seri 1. Bajol Ijo Cilik harus mengakui ketangguhan Kalteng Putra dengan skor 1-2 di Lapangan Persebaya, Karanggayam pagi tadi (3/5). (Persebaya)
Elite Pro Academy U-16 Grup C Seri 1: Kalteng Putera 2-1 Persebaya
Persebaya U-16 Alami Kekalahan Perdana

Pelajaran berharga didapatkan Persebaya pada matchday keempat Elite Pro Academy U-16 Grup C Seri 1. Kalteng Putra berhasil memaksa Bajol Ijo Cilik mengakui keunggulan tim tamu dengan skor 2-1. Hasil ini menjadi kekalahan pertama Persebaya di ajang EPA U-16 musim ini.

Syukron Arabia dkk sebenarnya mengawali pertandingan dengan cukup bagus. Marselino Ferdinan berhasil mencetak gol di menit ke-8. Memanfaatkan tendangan bebas, adik kandung Oktafianus Fernando tersebut berhasil membawa Persebaya unggul 1-0 hingga babak pertama selesai.

Memasuki babak kedua performa Persebaya justru menurun. Peluang ini tidak disia-siakan oleh Kalteng Putra. Pada menit ke-43, penjaga gawang Persebaya Karisma Ramadhany gagal menghalau bola sepakan Dimas Abdul Hadi. 1-1 Kalteng Putra mengejar.

Petaka untuk Persebaya hadir lima menit berikutnya. Kini, Ardi Ardiana berhasil mengecoh Karisma dan membawa Kalteng Putra berbalik unggul 2-1. Persebaya merespon dengan memasukan penyerang Dio Rizky yang menggantikan Muhammad Zaki. Namun upaya tersebut tidak membuahkan hasil. Skor 2-1 untuk keunggulan Kalteng Putra bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Pelatih Persebaya, Andrias Kastanja mengaku kecewa dengan hasil ini. Menurut Andrias, anak asuhnya tidak bermain pada performa terbaik mereka. "Pastinya saya menyesalkan hasil hari ini, tapi inilah sepak bola, kadang hasilnya tidak sesuai harapan kita dan ini akan menjadi pengingat untuk tim" tutur pria yang akrab dipanggil Yongki tersebut.

Meski demikian mantan gelandang Persebaya era 80-an itu tidak mau menyalahkan satu orang. "Memang penjaga gawang terlihat kurang konsentrasi, tapi gol yang terjadi kita lihat melalui prosesnya," kata Andrias. "Anak-anak terlihat kelelahan di babak kedua, dan kelelahan itu yang membuat hilang konsentrasi," pungkasnya.

Hasil ini membuat posisi Persebaya tergeser dari puncak klasemen sementara. Sedangkan Kalteng Putra langsung naik tiga peringkat dan menduduki posisi teratas. Persebaya masih menyisakan satu pertandingan yang akan digelar besok (4/5). Rencananya pertandingan akan dimulai pukul 13.30 WIB. (*)

BERITA LAINNYA