Lapangan Persebaya, Karanggayam terendam air setelah hujan deras mengguyur Kota Surabaya (29/4). Akibatnya dua pertandingan Elite Pro Academy Liga 1 U-16 2019 Series 1 Grup C harus ditunda. (Persebaya)
Elite Pro Academy Liga 1 U-16 2019 Series 1 Grup C
Cuaca Buruk, Dua Laga Ditunda

Match day kedua Elite Pro Academy Liga 1 U-16 2019 Series 1 Grup C mengalami gangguan. Akibat hujan deras, dua laga harus ditunda. Pertandingan antara PSM Makassar melawan Persebaya dan Bali United menghadapi Kalteng Putra harus dijadwalkan ulang mengingat kondisi lapangan yang tidak memungkinkan.

"Saya mewakili panitia penyelenggara meminta maaf kepada seluruh tim peserta atas force majuere yang terjadi sore ini," tutur Ketua Panpel Grup C, Soeprijono. "Sejujurnya kejadian ini baru pertama kali terjadi, dimana hujan yang sangat deras mengakibatkan air tidak hanya menggenangi lapangan, tapi juga daerah Karanggayam dan sekitarnya," imbuhnya.

Rencananya dua pertandingan yang ditunda akan digelar kembali esok hari (30/4). "Setelah berkoordinasi dengan PSSI kami putuskan PSM Makassar melawan Persebaya statusnya melanjutkan laga sisa (skor sementara 0-0) dan akan digelar besok pagi pukul 7.30 WIB," kata Match Commissioner, Kadek Suastana. "Sedangkan pertandingan Bali United melawan Kalteng Putra menjadi laga tunda yang akan digelar pukul 9.00 WIB," imbuhnya.

Pertandingan PSM versus Persebaya memang sempat berjalan hingga memasuki lima menit babak kedua. Namun akhirnya wasit memutuskan untuk menghentikan pertandingan karena bola sudah tidak dapat bergulir lancar di lapangan.

Sebagai Match Commissioner Kadek juga memutuskan untuk tidak menunggu dua kali tiga puluh menit sesuai dengan peraturan yang berlaku. "Jika sesuai regulasi harusnya ada masa tunggu dua kali tiga puluh menit, namun mengingat cuaca yang tidak menunjukkan perubahan ditambah mepetnya jadwal dan mempertimbangkan kondisi pemain, kami putuskan untuk tidak menunggu selama itu," terangnya.

Kejadian hari ini sepertinya juga akan mempengaruhi jadwal di sisa pertandingan Grup C. "Setelah melakukan evaluasi hari ini kita akan mempertimbangkan untuk mengubah jam kick-off pertandingan sisa seri satu," kata pria asal Tabanan, Bali ini. "Rencananya pertandingan pertama akan dimajukan menjadi 7.30, untuk pertandingan kedua menjadi 9.30 dan pertandingan ketiga menjadi 13.00 WIB," tutupnya. (*)

BERITA LAINNYA