Selebrasi gol pertama Persebaya U-16 yang dicetak oleh Muhammad Akrom ke gawang Persipura Jayapura U-16 di Lapangan Persebaya, Karanggayam sore tadi (28/4). Persebaya U-16 memetik kemenangan 2-0 atas Persipura U-16 di laga pertama Elite Pro Academy U-16 Grup C Series 1. (Persebaya)
Elite Pro Academy U-16 2019 Persebaya 2-0 Persipura
Brace Akrom Bawa Persebaya Puncaki Klasemen Sementara

Persebaya sukses melewati ujian pertama di ajang Elite Pro Academy U-16 2019. Persebaya menyudahi perlawanan Persipura dengan skor 2-0. Dua gol Bajol Cilik dicetak oleh Muhammad Akrom.

"Ini kemenangan berharga untuk menghadapi pertandingan selanjutnya," ungkap pelatih Persebaya U-16 Andreas Kastanja.

Keunggulan Persebaya sebenarnya bisa terlihat sejak menit awal. Menit kedua pertandingan berjalan, Muhammad Akrom mengancam lewat sepakan di depan gawang. Sayang umpan cut back dari Ruy Arianto gagal dimanfaatkan. Selanjutnya pada menit ke-7 giliran Ruy yang melesatkan tendangan ke gawang. Namun penjaga gawang Persipura masih sigap menghalau.

Terus menekan gol yang ditunggu-tunggu akhirnya datang. Menit ke-21 Muhammad Akrom sukses membawa Persebaya unggul 1-0. Memanfaatkan kemelut di depan gawang, Akrom sukses mengelabui penjaga gawang Persipura. Hingga turun minum, tidak ada gol lagi yang tercipta.

Gelandang serang Persebaya U-16 Marselino Ferdinan (10) dihadang pesepakbola Persipura U-16 pada laga pertama Elite Pro Academy U-16 Grup C Series 1 di Lapangan Persebaya, Karanggayam sore tadi (28/4). Persebaya sukses memetik tiga angka dan menjadi pemuncak klasemen sementara. (Persebaya)

Unggul satu gol tidak membuat Bajol Cilik puas. Pada menit ke-32 Marselino membuka ancaman lewat tendangan bebasnya. Sayang bola sepakannya melebar tipis ke samping gawang Persipura. Dua belas menit kemudian Akrom berhasil mencetak gol kedua untuk Persebaya. Sundulan Akrom gagal diantisipasi Justin Manuri.

Jalannya babak kedua sempat terhenti di menit ke-55 akibat beberapa oknum suporter yang membakar cerawat. Beruntung tidak sampai lima menit, pertandingan dilanjutkan kembali. Laga akhirnya benar-benar berhenti setelah wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak kedua. Persebaya unggul dua gol atas tim tamu Persipura.

Meski memetik kemenangan Persebaya enggan jumawa. "Kompetisi masih sangat panjang dan besok langsung menghadapi pertandingan kedua jadi tidak ada waktu untuk euforia," ungkap Andreas Kastanja.

Pria yang akrab dipanggil Yongki tersebut juga meminta anak asuhnya untuk waspada dengan lawan berikutnya. "Lawan berikutnya (PSM) juga memetik kemenangan di hari ini, pertandingan besok pasti akan lebih berat dari hari ini," tutur pelatih yang pernah memperkuat Persebaya selama tiga belas tahun tersebut.

Dengan hasil ini Persebaya memuncaki klasemen sementara Elite Pro Academy U-16 Grup C dengan raihan tiga poin. PSM Makassar membututi di posisi kedua dengan perolehan poin yang sama. Berikutnya Persebaya akan menghadapi PSM di laga kedua, Besok (29/4). Rencananya kick-off akan dilangsungkan pukul 13.00 WIB. (*)

BERITA LAINNYA