Gelandang Persebaya U-16 Ruy Arianto (tengah) mencoba melepaskan tendangan ke gawang Bintang Timur pada laga uji coba di Lapangan ITS sore tadi (25/4). Persebaya U-16 tengah memoles penyelesaian akhir sebelum terjun di Elite Pro Academy 2019 melawan Persipura Jayapura U-16, Minggu (28/4) mendatang. (Persebaya)
Elite Pro Academy U-16 2019
Persebaya U-16 Matangkan Penyelesaian Akhir Jelang Laga Perdana

Kompetisi Elite Pro Academy U-16 2019 sudah bergulir sejak 19 April lalu. Persebaya yang tergabung dalam Grup C baru akan memulai pertandingan pertama pada Minggu (28/4). Segala persiapan sudah dilakukan Persebaya. Mulai dari seleksi pemain hingga menggelar uji coba.

"Persiapan selama dua pekan saya rasa sudah cukup untuk kami menghadapi pertandingan hari Minggu," terang pelatih Persebaya U-16, Yongki Kastanya. Menurutnya, persiapan Bajul Ijo Cilik diuntungkan dengan adanya kompetisi internal. "Kita dipermudah dalam menyeleksi pemain karena sudah ada wadah kompetisinya, jadi soal jam terbang anak-anak sudah teruji," imbuhnya.

Persebaya U-16 juga melakukan beberapa pertandingan uji coba sebagai persiapan menghadapi kompetisi. Bajol Cilik memetik satu kemenangan dan satu kekalahan dari dua laga uji coba terakhir. Pada hari Rabu (24/4), Persebaya menang atas tim internal Semut Hitam dengan skor 3-2. Sedangkan pada uji coba siang tadi, Muhammad Akrom dkk harus mengakui keunggulan juara bertahan Kompetisi Kapal Api Persebaya, Bintang Timur dengan skor 4-2.

"Hasil akhir tidak terlalu penting dalam uji coba, yang terpenting saat melawan tim yang lebih tua secara usia, anak-anak bisa mempraktekkan permainan sesuai yang kita inginkan, hanya saja perlu pembenahan di penyelesaian akhir," tutur Yongki.

Guna memperbaiki kelemahan timnya, legenda hidup Persebaya ini akan menggunakan sisa waktu persiapan untuk secara khusus melatih kemampuan mencetak gol anak asuhnya. "Selain conditioning, dalam dua hari ke depan anak-anak akan juga akan dilatih goal scoring," lanjut pelatih yang pernah memperkuat Persebaya selama 13 tahun ini.

Ditanya soal kekuatan calon lawan yang akan dihadapi, Yongki merasa setiap tim memiliki kekuatan yang merata. "Masing-masing dari mereka pasti juga memiliki kelebihan dan kekurangan, semua berbahaya kalau kita menganggap remeh lawan," tutup Yongki.

Persebaya U-16 sendiri tergabung dalam Grup C bersama Persipura, Kalteng Putra, Bali United dan Borneo FC. Persipura akan menjadi lawan pertama Persebaya pada Minggu (28/4) sore. Rencananya kick-off pertandingan akan dimulai pukul 15.00 WIB di Lapangan Persebaya, Karanggayam. (*)

BERITA LAINNYA