Gelandang serang Persebaya Damian Lizio mencoba menekan pertahanan Madura United pada laga di Stadion Gelora Bung Tomo 3 April lalu. Derby Suramadu kedua pada ajang babak 8 besar Piala Indonesia, Kamis (25/4) nanti dipastikan ditunda setelah pihak kepolisian tidak mengeluarkan izin. (Persebaya)
Persebaya Siapkan Pemusatan Latihan

Fokus Pengamanan Rangkaian Pemilu, Laga Kontra Madura Ditunda

Laga babak delapan besar Piala Indonesia antara Persebaya kontra Madura United pada 25 April nanti ditunda. Di Stadion Gelora Bung Tomo tidak dimungkinkan diselenggarakan pada hari tersebut karena personel keamanan masih fokus pengamanana rangkaian pemilihan umum. Pilpres maupun Pileg.

Sebagaimana diketahui, rangkaian pemilu di Surabaya masih jauh dari kata selesai. Meski coblosan sudah dilakukan 17 April lalu. Bawaslu merekomendasikan agar dilakukan hitung ulang suara. Tentu kondisi itu membutuhkan pengamanan yang luar biasa. Saat ini pun, polisi dan aparat gabungan mengawal dengan ketat tempat-tempat pengumpulan surat suara.

Tidak adanya izin pertandingan Persebaya kontra Madura United itu tertuang dalam surat Polrestabes Surabaya bernomor: B/126/IV/YAN.2.1/2019/Intelkam. Dalam surat tersebut disebutkan bahwa permohonan izin pertandingan Persebaya tidak dipenuhi.

“Dan disarankan kepada Panitia Penyelenggara (Persebaya Surabaya) untuk merubah jadwal pertandingan yang semula tanggal 25 April 2019 diundur sampai dengan batas waktu penghitungan suara Pemilu 2019 berakhir,” demikian bunyi surat Polrestabes Surabaya.

Lampiran Surat Keputusan Dari Polrestabes Surabaya

Tidak hanya jatah home Persebaya yang tidak mendapatkan izin keamanan. Madura United juga tidak mendapatkan izin untuk menggelar pertandingan home yang dijadwalkan pada 30 April. Itu tertuang dalam surat Polres Pamekasan bernomor: B/467/IV/SIP.1.2/2019/Bagops. Polres Pamekasan tidak memberikan izin untuk adanya pertandingan sepak bola pada kurun waktu 24 April sampai 4 Mei. Sama dengan di Surabaya, hal itu terkait dengan rangkaian Pemilu.

Pelatih Persebaya Djadjang Nurdjaman bisa menerima pengunduran jadwal itu. Waktu yang ada bisa dimaksimalkan untuk mempersiapkan tim menghadapi Liga 1 yang akan dimulai awal bulan depan.

Persebaya yang lolos ke final Piala Presiden sekaligus babak delapan besar Piala Indonesia, adalah tim paling sibuk selama pre season. Tidak ada tim lain dengan jadwal sesibuk Persebaya. Akibatnya, saat tim lain bisa menggelar pemusatan latihan, Bajol Ijo belum bisa melakukannya.

”Karena ini diundur, kemungkinan kami akan melakukan training centre, tadi saya sudah bicara dengan manajer,” kata Djanur.

Partai Persebaya kontra Madura United adalah salah satu laga paling seru di tanah air. Derby Suramadu. Kedua tim juga memiliki skuad yang berimbang. Dalam dua pertemuan sebelumnya di semifinal Piala Presiden, Persebaya selalu menang dengan skor tipis. Green Force menang 1-0 di Gelora Bung Tomo. Dan menang 3-2 di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan. (*)

 

BERITA LAINNYA