Selebrasi penyerang Amido Balde memastikan kemenangan Persebaya atas PS Tira-Persikabo pada babak 8 besar Piala Presiden 2019. Persebaya menekuk Tira-Persikabo dengan skor 3-1 di Stadion Gelora Bung Tomo sore ini (29/3). (Persebaya)
Fulltime Piala Presiden 2019: Persebaya 3-1 PS Tira Persikabo
Atasi Tira-Persikabo, Persebaya ke Semifinal

Kemenangan dengan skor 3-1 diraih Persebaya saat menjamu PS Tira-Persikabo pada babak 8 besar Piala Presiden 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo sore ini (29/3). Hasil ini membawa Green Force melaju ke babak semifinal turnamen pramusim ini. Semangat tinggi membuat Persebaya mencetak gol pada menit-menit akhir.

Persebaya memimpin 1-0 atas Tira-Persikabo. Keunggulan tuan rumah tercipta melalui tendangan salto Manuchehr Jalilov ketika laga baru berjalan dua menit.

Persebaya langsung bermain menyerang setelah kembali dari ruang ganti. Hanya saja, pertahanan Persebaya mendapat tekanan di awal-awal babak kedua. Namun, Otavio Dutra, Hansamu Yama Pranata dan kiper Miswar Saputra bisa menghentikan ancaman Tira-Persikabo. Ombak serangan Tira-Persikabo membuat Persebaya tertekan. Tim tamu bermain lebih agresif.

Tim tamu akhirnya menyamakan kedudukan dalam situasi tendangan pojok yang dieksekusi Wawan Febrianto disambut dengan tandukan dari Osas Marvellous Ikpefua pada menit ke-61. Tersentak dengan gol tersebut, Misbakus Solikin langsung meningkatkan intensitas serangan.

Trio Amido Balde, Irfan Jaya dan Manuchehr Jalilov memberikan tekanan ke pertahanan Tira-Persikabo yang dikomandoi Vava Mario Yagalo. Namun gagal mengoyak gawang Tira-Persikabo yang dikawal Angga Saputra. Skor imbang membuat kedua tim saling jual beli serangan.

Pelanggaran dari Muhammad Abduh Lestaluhu kepada winger Osvaldo Haay membuat wasit Handri Kristanto menunjuk titik putih. Damian Lizio yang menjadi eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik, meski bola sempat mengenai tangan Angga Saputra pada menit ke-88.

Persebaya kembali unggul, 2-1 atas Tira-Persikabo. Tak lama kemudian, giliran Amido Balde yang mencatatkan namanya di papan skor. Sontekannya menerima umpan dari Oktafianus Fernando tak mampu dihentikan kiper Angga Saputra. Persebaya memimpin dengan skor 3-1 atas Tira-Persikabo.

Di penghujung laga, tensi pertandingan meningkat. Wasit Handri Kristanto mengeluarkan dua kartu merah untuk pemain Tira-Persikabo. Masing-masing Muhammad Rifad Marasabessy dan Manahati Lestusen. Hingga peluit panjang, skor tidak berubah. (*)

BERITA LAINNYA