Jersey dan bola sepak Persebaya yang ditandatangani Presiden Indonesia, Ir. H. Joko Widodo atau Jokowi di kantor Persebaya, tahun lalu. (dok Persebaya)

Pak Jokowi, Mbonek Yuk

Oleh : Ram Surahman

Pak Jokowi yang terhormat.

Maaf beribu maaf bila ajakan ini dianggap sebagai kelancangan. Sejujurnya, ini harapan yang kami rangkai dari lubuk hati terdalam. Suatu ketika, bapak bisa nribun bareng kami Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.

Bernyanyi, dan berjingkrak bersama. Jika bapak penyuka musik heavy metal, percayalah, ”kebisingan” di GBT tak akan kalah dengan cabikan gitar Metallica.
Pak Jokowi.

Kami paham, bila bapak ragu dengan keinginan tulus kami ini. Apalagi, masih banyak suara-suara miring diluaran sana, menyebut kami dengan sederet cap negatif yang tiada henti. Dari sebutan gembel hingga maling gorengan.

Tak apa, pak. Semua cap miring itu kami terima dengan lapang dada. Justru, menjadi pelecut kami untuk berbenah dan perbaiki diri. Kami jawab semua cap miring itu dengan dengan kerja kebaikan tiada henti.

Dalam senyap, kami membangun panti asuhan. Mungkin terdengar aneh kan Pak? Suporter bola kok bangun panti asuhan. Tetapi, itu nyata kami lakukan. Alhamdulillah, Panti Asuhan Bonek kini sudah berdiri dan beroperasi. Bolehlah, kalau bapak ke sini, kita berkunjung ke sana.

Jika ada bencana di negeri ini, kami pun tak kalah sigapnya bereaksi. Sudah berapa banyak uang yang kami himpun dan kami salurkan untuk para korban bencana tersebut. Semua kami lakukan tulus demi rasa kemanusiaan. Tak lebih.

Bahwa semuanya jauh dari publikasi dan riuh tepuk tangan yang mengiringi, tak masalah. Karena kami percaya, kerja kebaikan ini, transaksinya langsung sama Tuhan.

Maaf Pak, jenengan mungkin pernah dengar Dolly kan? Dulu, kawasan ini pernah disebut sebagai lokalisasi terbesar di Asia Tenggara. Beberapa tahun lalu, sama Bu Risma, Dolly ditutup dan sekarang berubah fungsi, Alhamdulillah.

Bonek yang di sana pun ikutan berubah. Kini, mereka mulai belajar sholat, baca Al-Quran, mengikuti pengajian dan syiar kebaikan lainnya. Bolehlah, kalau nanti bapak jadi ke sini, bersama menyapa teman-teman Bonek Jarak Dolly City (BONJARLITY).

Pak Jokowi. Masih banyak kerja kebaikan yang telah kami jalani. Ada Bonek Hijrah, Bonek Shalawatan dan elemen-elemen lain yang terus berlomba-lomba dalam menanam kebaikan. Tapi, rasanya dzolim bila disebutkan semua, di tengah kesibukan bapak yang berjibun seperti sekarang ini.

Kami tahu, kerja-kerja kebaikan seperti itu tak boleh ditunjuk-tunjukkan. Guru-guru kami pun mengingatkan akan hal itu. Tetapi, ijin kami menyampaikan pada Bapak. Sebagai orang nomor satu di Republik ini.

Kenapa? Pak, kami risau.

Disaat kerja kebaikan terus kami gelorakan, kami sangat kecewa dengan perlakuan yang kami terima. Gerak kami dibatasi. Bukan oleh warga biasa, tetapi institusi pemerintahan dan Negara. Kami dengar selentingan, tak boleh mendukung Persebaya main di wilayah tertentu di Indonesia. Salah kami apa? Jika memang ada pengalaman kelam di masa lalu, apakah pelarangan ini menjadi jalan keluar? Bukankah ini semacam cara instan lari dari masalah dan kenyataan?

Karena itu, kepada bapak kami mengadu.

Pak Jokowi, kami sadar. Masih harus memantaskan diri untuk bisa mengundang bapak di tengah kami. Karena itu, ijinkan beri kami kesempatan untuk membuktikan pada Jum’at, 29 Maret 2019 nanti. Kami akan buat bapak bangga. Kami akan penuhi Stadion Gelora Bung Tomo. Kami akan pecahkan rekor jumlah penonton di turnamen yang perebutkan Piala dari Bapak ini. Kami juga mohon doa agar Persebaya bisa diberi kemenangan di laga nanti. Dengan begitu, bapak bisa nribun bareng kami di pertandingan semifinal atau partai final nanti. Amiin,
Terakhir pak.

Please, jangan dengarkan omongan apapun dari luar terkait keinginan kami ini. Apalagi ditarik terlalu jauh dalam urusan politik dan copras capres yang lagi riuh saat ini. Kuping tebal saja pak. Sama seperti yang telah kami lakukan selama ini.
Bagi Persebaya, urusan Presiden sudah selesai. Azrul Ananda, adalah Presiden Persebaya saat ini. Duh, jadi gak sabar melihat dua Presiden nribun bareng di Stadion WANI ! 

 

*) Catatan ini adalah opini penulis 

BERITA LAINNYA