Tanpa kawalan pemain-pemain Perseru Serui membuat Manuchehr Jalilov mencetak gol cantik memastikan kemenangan Persebaya dengan skor 3-2 di Stadion Si Jalak Harupat malam ini (2/3). Hasil ini membuat Persebaya memimpin Grup A Piala Presiden 2019. (Persebaya)
Fulltime Piala Presiden 2019: Perseru Serui 2-3 Persebaya
Epic Comeback

Persebaya menuntaskan pertandingan pertama Grup A Piala Presiden 2019 dengan kemenangan. Bajol Ijo mengandaskan perlawanan Perseru Serui dengan skor 3-2 di Stadion si Jalak Harupat malam ini (2/3). Persebaya membalikkan kedudukan setelah sempat tertinggal 0-2 sampai menit ke-60.

Tertinggal dua gol di babak pertama membuat Persebaya bereaksi. Persebaya berupaya menambah daya gedor. Tim pelatih mengganti Muhammad Alwi Slamat dengan memasukkan Oktafianus Fernando.

Hasilnya, serangan Green Force lebih tajam. Terlihat ketika Irfan Jaya menerima umpan dari Manuchehr Jalilov di menit ke-48. Namun tendangannya dari dalam kotak penalti masih bisa dihentikan Hendra Molle, kiper Perseru. Bola muntah yang coba diraih Damian Lizio masih bisa digagalkan pemain belakang Cendrawasih Jingga, julukan Perseru.

Memasuki menit ke-55, Persebaya mendapat peluang emas. Sayang, umpan kaki kiri Novan Setya Sasongko tidak dapat dijangkau Manuchehr Jalilov dan Amido Balde. Gelombang serangan dari Persebaya membuat Perseru bermain bertahan. Mereka hanya menyisakan Turkovic Nedo di lini depan.

Back heel dari Jalilov di menit ke-60 masih melambung diatas gawang Perseru. Persebaya baru memperkecil ketinggalan dua menit berikutnya. Balde mencetak gol menyambar bola liar di mulut gawang.

Meski beberapa kali gagal mengkonversi peluang, konsentrasi para pemain Persebaya tidak terganggu. Tim kebanggaan Bonek itu terus melancarkan serangan. Sementara kubu Perseru memilih bertahan menjaga keunggulan 2-1 atas Persebaya.

Satu peluang kembali diperoleh Persebaya. Kali ini melalui Damian Lizio pada menit ke-79. Sayang tendangannya masih membentur mistar gawang Perseru. Tekanan dari Arek-arek Suroboyo masih belum mengendur. Ruben Sanadi mencoba kesempatan menendang dari sudut sempit, namun membentur tiang gawang Perseru di menit ke-82.

Persebaya akhirnya bisa menyamakan kedudukan di menit ke-88. Balde sukses menggetarkan gawang Perseru melalui sundulan kepalanya menerima umpan silang Jalilov. Persebaya mengubah kedudukan menjadi 3-2 di penghujung laga. Tendangan jarak jauh Jalilov menemui sasaran lantaran kiper Hendra Molle jauh meninggalkan sarangnya.

Hasil itu membuat Bajul Ijo memimpin klasemen sementara Grup A dengan tiga poin. Menggusur PS Tira Persikabo yang menang 2-1 dari Persib Bandung. (*)

BERITA LAINNYA