Kepala striker asing Persebaya Amido Balde (9) begitu tajam setelah menyumbangkan dua gol ke gawang Persinga Ngawi di Stadion Gelora Bung Tomo sore ini (16/2). (Satrio Wicaksono for Persebaya)
Halftime Babak 32 Besar Piala Indonesia: Persebaya 3-0 Persinga

Tajamnya Kepala Balde

Persebaya untuk sementara unggul 3-0 atas Persinga Ngawi pada babak 32 besar Piala Indonesia, Sabtu sore (16/2) di Stadion Gelora Bung Tomo. Tiga gol yang membawa skuad asuhan Djadjang Nurdjaman memimpin itu dilesakkan Amido Balde dan Irfan Jaya.

Laga berformat single match membuat Persebaya langsung menggebrak sejak kick-off. Belum lagi laga memasuki menit pertama mereka sudah unggul. Berawal ketika Oktafianus Fernando memberikan umpan kepada Manuchehr Jalilov yang berdiri bebas di sisi kiri pertahanan Persinga. Pemain asal Tajikistan itu lantas melepas umpan silang ke kotak penalti Persinga yang disambar oleh Amido Balde lewat sundulan.

Gol kedua Persebaya tercipta di menit ke-13 setelah tendangan melengkung Irfan Jaya gagal diselamatkan Junaidi, kiper Persinga. Gol ini memantik semangat skuad Green Force. Hasilnya, tim pujaan Bonek itu menambah keunggulan menjadi 3-0 atas Persinga. Adalah penyerang asing anyar Persebaya, Amido Balde, yang kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-23. Dia sukses menyelesaikan umpan Fandi Eko Utomo dengan tandukan kepalanya.

Persebaya terus berupaya menambah keunggulan. Kendati demikian, tertinggal tiga gol membuat Laskar Alas Ketonggo – julukan Persinga – mencoba memperkecil kedudukan, sebelum babak pertama berakhir. Namun keunggulan 3-0 Persebaya bertahan hingga turun minum. (*)

BERITA LAINNYA