Akbar Firmansyah (kanan) melakukan selebrasi bersama Taufik Hidayat setelah mencetak gol pertama. Akbar mencetak hat-trick dalam laga yang berakhir 5-0 untuk kemenangan Persebaya ini. (Persebaya)
Babak Nasional Piala Soeratin U-17

Hat-trick Akbar Bawa Bajul Ijo Cilik ke Final

Permainan gemilang diperagakan Persebaya U-17 pada pertandingan semifinal Piala Soeratin U-17 di Stadion Dirgantara Lanud Abdulrachman Saleh TNI AU, Kabupaten Malang siang ini (7/2). Hat-trick winger Akbar Firmansyah membawa Persebaya U-17 ke partai puncak. Tim asuhan Seger Sutrisno itu menang telak lima gol tanpa balas atas Bali United U-17.

Dua klub representasi kontestan kompetisi Liga 1 itu tak langsung berinisiatif menyerang pertahanan lawan-lawannya. Serdadu Tridatu Muda dan Bajul Ijo Cilik tampak masih meraba-raba permainan satu sama lain. Meski demikian, di babak pertama Persebaya U-17 memimpin 2-0 lewat gol Akbar Firmansyah di menit ke-16 dan Rofano Afrilian (21').

Usai turun minum, pemain-pemain Persebaya U-17 semakin leluasa menguasai jalannya pertandingan. Terbukti, Persebaya U-17 kembali menambah keunggulan. Akbar Firmansyah mencatatkan namanya di papan skor untuk kedua kalinya pada menit ke-53. Kemudian giliran kapten tim Fachrul Inzaghi menyumbangkan gol melalui titik putih di menit ke-58. Pesta gol tim asal Kota Pahlawan itu ditutup oleh Akbar Firmansyah di penghujung pertandingan.

Fachrul Inzaghi sukses mengeksekusi tendangan penalti sekaligus menjadi gol ke-4 Persebaya dalam laga siang tadi. (Persebaya)

Pelatih Persebaya U-17, Seger Sutrisno, mensyukuri kemenangan telak ini. Dia menilai anak asuhnya berjuang keras untuk meraih prestasi. "Ini hasil kerja keras para pemain. Akbar (Firmansyah) memang mencetak tiga gol hasil kerjasama tim," ungkapnya seusai pertandingan.

Menurutnya raihan Bajul Ijo Cilik melaju ke final melebihi ekspektasi. Sebab, manajemen hanya meminta tim untuk tampil lepas dan meraih prestasi terbaik. "Sebenarnya dari manajemen tidak ada target juara. Karena sekarang sudah kepalang basah, ya harus bisa menjadi juara," tandasnya.

Di babak final, Persebaya U-17 akan meladeni Persipan Pandeglang U-17 yang memetik kemenangan 3-1 dari Persikabo Bogor U-17. Rencananya, laga puncak ini akan digelar di Stadion Gelora Soeprijadi, Kota Blitar, Sabtu (9/2) mendatang. (*)

BERITA LAINNYA