Amido Balde (tengah) dipeluk Virgil Van Dijk (kanan) setelah mencetak gol ke gawang Partick Thistle pada 23 Oktober 2013. Celtic menang 2-1 berkat gol Balde itu. Pada musim itu Celtic juara Liga Skotlandia. (Irish Examiner)
Amido Balde dan Pengalaman di Klub Besar Eropa
Ini Kenangan Balde bersama Virgil van Dijk

Pernah membela timnas Portugal U-20. Bahkan menjadi runner-up kejuaraan dunia pada 2011. Menjadi bukti kehebatan seorang Amido Balde. Kehebatan yang kemudian membawanya menembus klub elit Eropa asal Skotlandia, Celtic FC.

Dia resmi membela Celtic pada Juni 2013. Tidak tanggung-tanggung, dia dikontrak selama empat tahun. Dengan postur yang menjulang, 193 cm, dia disebut-sebut akan sehebat Emmanuel Adebayor maupun Nwankwo Kanu

Sayang, Balde kiprah di Celtic tidak mulus. Pada September 2014, dia dipinjamkan ke Waasland-Beveren, klub liga Belgia. Lalu, terus berpindah-pindah sampai akhirnya tahun ini menuju Persebaya. 

Meski tidak lama, namun Balde memiliki banyak kenangan selama di Celtic. Ketika itu, dia bermain sebanyak 20 kali, starter dan cadangan. Total membukukan tiga gol.

”Salah satu yang paling berkesan adalah persahabatan bersama Virgil (Van Dijk, bek Liverpool),” kata Balde di sela-sela santap malam di salah satu restoran di kawasan Jemursari, Surabaya.

Van Dijk dan Balde sepantaran, 27 tahun mereka pun datang ke Celtic bersama-sama, pada 2013. ”Sama-sama muda, kami selalu berdiskusi tentang bagaimana beradaptasi, dan bagaimana bermain secara maksimal di tim sebesar Celtic,” papar Balde.

Balde mengisahkan, ada satu momen yang tak terlupakan bermain bersama Van Dijk. Penggemar sup itu tidak ingat persis pertandingan apa. Tendangan keras pemain Celtic melaju kencang ke gawang lawan. Saat itu bola hampir menyerempet kepala Balde. Gol. 

”Virgil langsung memeluk saya, melakukan selebrasi seolah saya yang mencetak gol,” kenang Balde. ”Saya bilang pada dia bahwa saya bukan yang cetak gol. Namun, dia tetap ngotot saya yang cetak gol. Dan setelah pertandingan, dari tayangan ulang, memang bukan saya yang cetak. Tapi Virgil bilang dia tidak peduli,” paparnya.

Balde ikut bangga sahabatnya itu kini membela Liverpool yang tengah memuncaki klasemen Premier League. Van Dijk menjadi salah seorang defender terbaik di dunia.

”Kini, saya berharap bisa meraih kejayaan bersama Persebaya. Semoga semua berjalan lancar,” ucapnya. (*)

 

 

 

 

 

BERITA LAINNYA