Hansamu Yama latihan perdana bersama Persebaya dalam latihan di Stadion Jenggolo (18/1).(Persebaya)
Latihan Perdana Yama dan Ruben

Rendi Bikin Latihan Yama dan Ruben Penuh Canda Tawa

Pemain anyar Persebaya, Hansamu Yama Pranata, sudah terlihat mengikuti latihan yang digelar di Stadion Jenggolo, Sidoarjo pagi ini (18/1). Stopper asal Mojokerto itu sebelumnya telah diperkenalkan Rabu lalu (16/1). Tampak juga kapten anyar Persebaya, Ruben Karel Sanadi yang memulai latihan perdananya setelah absen mengurusi kuliah.

Pada sesi latihan hari ini, pelatih Persebaya Djadjang Nurdjaman dan pelatih fisik Rudy Eka Priambada meninggalkan tim. Keduanya harus ke Spanyol untuk mengikuti program lisensi pelatih AFC Pro mulai 19 hingga 29 Januari mendatang. Ruben Karel Sanadi dkk dipimpin asisten pelatih Bejo Sugiantoro dan pelatih kiper Mihtahul Hadi.

Yama, sapaan akrab Hansamu, tampak menikmati sesi latihan. Apalagi suasana hangat diperlihatkan pemain-pemain lainnya. Mereka kerap mengajak kapten timnas Indonesia itu bercanda. Terutama Rendi Irwan yang menggoda Yama dan Ruben.

"Heh, iku sing anyar ojok lali tes fisik, Rek (yang pemain baru jangan lupa test fisik, Rek)," kelakar Rendi yang disambut tawa pemain lainnya. Yama dan Ruben hanya bisa tersenyum tak mampu membalas gojlokan Rendi.

Rendi Irwan bercanda gurau dengan Ruben Sanadi di sela-sela latihan Persebaya di Stadion Jenggolo (18/1).(Persebaya)

Sementara itu, Misbakus Solikin, gelandang Persebaya menyebutkan jika kedatangan Yama sangat baik untuk tim. Menurutnya, status Yama sebagai pemain timnas Indonesia meningkatkan mental pemain-pemain Green Force. "Teman-teman menjadikan kehadiran Yama motivasi tersendiri," ujar pemain bernomor punggung 6 itu.

Suasana penuh apresiasi tersebut dimaknai Bejo sebagai bentuk saling mendukung di dalam tim yang dapat mempercepat proses adaptasi antar pemain. "Komunikasi pemain penting. Supaya mereka saling mengerti dan mengenal karakter masing-masing. Itu membantu mereka tidak mengalami kendala dalam beradaptasi," katanya.

Bejo sendiri melanjutkan program latihan yang telah disusun Djanur. Para pemain memulai latihan dengan warming up, jogging tiga kali, 5v2, strenght endurance, 4v4 dengan 4 netral. Suasana meriah kembali terlihat ketika Bejo membagi pemainnya menjadi dua kelompok dan memainkan simulasi pertandingan. Sesi latihan kemudian ditutup cooling down yang dipandu fisioterapi Persebaya.

Hingga meninggalkan lapangan latihan menuju ruang ganti, suasana hangat terus terlihat di antara pemain. Ditambah candaan Rendi dan Bejo. (*)

BERITA LAINNYA