Oktafianus Fernando (tengah) melepaskan tendangan dalam latihan perdana Persebaya di Stadion Jenggolo, Sidoarjo sore tadi (10/1). Sesi latihan tadi sore juga dihadiri oleh pemain-pemain muda dari Persebaya U-19 maupun tim satelit PS Kota Pahlawan. (Satrio Wicaksono for Persebaya)
Latihan Perdana Persebaya
Latihan Perdana, Persebaya Langsung Setel Kenceng

Rendi Irwan dkk langsung digembleng menu latihan keras pada sesi latihan perdana Persebaya sore tadi (10/1). Bertempat di Stadion Jenggolo, Sidoarjo, mereka sudah harus berlatih bermain dengan pressing ketat.

Pelatih Djadjang Nurdjaman memimpin langsung pertandingan. Dia didampingi asisten pelatih Bejo Sugiantoro. Juga ada wajah baru Rudy Eka Priyambada yang mengisi pos asisten pelatih fisik.

Novan Setya Sasongko, pemain belakang baru Persebaya sudah bergabung. Namun, sejumlah pemain masih belum bergabung karena izin. Seperti Ruben Sanadi yang masih di Papua karena mengurus kuliah. Irfan Jaya baru datang malam ini karena di Makassar mengkhitankan putranya. Otavio Dutra masih di luar negeri.

“Belum lengkap, tapi tidak masalah. Masih tahap welcoming saja,” kata Djanur. ”Baru hadir sepuluh pemain, delapan diantaranya pemain musim lalu. Kami sudah mendapatkan Novan dan ada satu pemain yang trial, Imam Arief yang sebelumnya kiper PSM Makassar dan Persib Bandung," imbuhnya.

Pemain lama yang hadir adalah penjaga gawang Miswar Saputra. Di lini belakang ada M. Syaifuddin, Abu Rizal Maulana, Andri Muliadi. Kemudian barisan gelandang ada sosok Rendi Irwan, Misbakus Solikin, M. Hidayat, serta winger Oktafianus Fernando.

Rendi Irwan menjalani salah satu menu latihan yang diprogramkan pelatih pada latihan perdana Persebaya di Stadion Jenggolo, Sidoarjo sore tadi (10/1). (Satrio Wicaksono for Persebaya)

Latihan Persebaya dimulai dengan warming up. Lalu jogging dua putaran lapangan, game 4 lawan 4 dengan 4 pemain netral, 9 lawan 8, dan diakhiri dengan colling down.

"Seperti dilihat bersama tadi, menu latihan cukup melelahkan. Perlu dikembalikan kondisi pemain," ungkap Djanur.

Sesi latihan tadi sore juga dihadiri oleh pemain-pemain muda Persebaya. Baik dari Persebaya U-19 maupun tim satelit PS Kota Pahlawan. Diantaranya ada nama kiper muda Stevano Alexander Pietersz dan Ababil Syahbela. Serta penyerang muda Vengko Armedia dan bek Andre Aprilianto. Total ada 10 pemain muda yang menjalani trial.

"Kami ingin lihat kemampuan mereka. Siapa tahu ada yang memungkinkan untuk direkrut ke tim senior Persebaya," kata Djanur.

Besok, Persebaya akan kembali melanjutkan latihan. Pada sesi pagi akan dilakukan tes fisik di DBL Academy. Sore hari, akan kembali diselenggarakan latihan di lapangan. (*)

BERITA LAINNYA