FINISHING: Gelandang Nerius Alom melepaskan tendangan keras saat sesi latihan di lapangan Polda Jatim, kemarin. (Foto: Angger Bondan/Jawa Pos)
Harus Lebih Tenang di Depan Gawang Lawan

HASIL seri 2-2 di kandang Persepam Madura Utama (10/8) memberikan pelajaran berharga bagi Persebaya Surabaya. Salah satunya mengenai banyaknya peluang yang terbuang. Di antara total 20 tembakan yang dilancarkan skuad Green Force, hanya 8 yang mengarah ke gawang lawan. Dan, hanya dua yang berbuah gol.

<

Lemahnya penyelesaian akhir itu menjadi perhatian pelatih Persebaya Angel Alfredo Vera. Pada sesi latihan di lapangan Polda Jatim kemarin sore, pelatih asal Argentina itu mempertajam finishing touch Misbakhus Solikin dkk.

<

Menurut Alfredo, para pemainnya kurang tenang ketika sudah membawa bola di depan gawang. Hal itu membuat mereka tidak fokus untuk mengintai gawang lawan. "Terkadang ada juga yang egois. Kalau teman dalam posisi lebih bagus, harusnya dioper. Pemain kurang sabar ketika sudah di depan gawang lawan," katanya.

<

Latihan penyelesaian akhir tidak hanya ditujukan kepada pemain yang berposisi penyerang. "Memang, tugas utama penyerang mencetak gol. Tapi, semua pemain harus bisa mengeksekusi bola kalau punya kesempatan," ujarnya.

<

Dalam sesi small game, Rishadi Fauzi tampak paling menonjol. Mantan penyerang Madura United itu mencetak tiga gol dari empat kali percobaan. Padahal, dia lama tidak mencetak gol. Kali terakhir Rishadi membobol gawang lawan adalah pada laga kontra Persatu Tuban (6/7). Artinya, dia sudah tidak mencetak gol dalam enam laga.

<

Striker 27 tahun itu mengaku terus berusaha mengasah insting mencetak golnya. "Saya tidak merasa terbebani kalau tidak mencetak gol. Kalau ada pemain lain yang memang dalam posisi bagus dan lebih layak mencetak gol, justru itu bagus. Yang terpenting, tim ini bisa menang dan meraih tiga poin." ungkap pemain kelahiran Tangerang tersebut.

<

Sementara itu, dua penggawa Persebaya, Rendi Irwan dan Fandry Imbiri, kemarin menghadiri meet and greet dengan Bonek di Rolag Cafe Surabaya. Ratusan Bonek yang hadir terlihat antusias mengikuti acara yang berisi fun game dan pembagian door prize itu. (dit/c16/ca)

<

Story provided by Jawa Pos

BERITA LAINNYA