Rizky Ridho memberikan umpan kepada rekan setimnya. Rizky akan menjadi tumpuan lini belakang Persebaya U-16 pada laga sore (21/11) nanti. (Persebaya)
Preview Putaran 4 Elite Pro Academy Grup C Perseru U-16 v Persebaya U-16
Tetap Optimis Menang Meski Tanpa Brylian

Perebutan tiket ke babak selanjutnya di Elite Pro Academy Grup C kian panas. Masih ada empat tim yang memiliki peluang untuk lolos. Mereka adalah Borneo FC, PSM Makassar, Persebaya  dan Perseru yang menduduki peringkat 4 besar. Meski Persebaya memiliki peluang lolos, namun posisinya jauh dari kata aman.

Berkat dua hasil draw di dua laga awal, Persebaya kini tercecer di posisi ketiga dengan raihan 27 poin. Posisi yang tidak otomatis lolos ke babak berikutnya. Karena nantinya hanya dua tim teratas dan dua tim dari peringkat tiga terbaik yang akan melanjutkan ke tahap berikutnya. Jika ingin lolos otomatis, Persebaya wajib memenangkan pertandingan sore (21/11) nanti melawan Perseru.

Hanya 3 poin yang memisahkan Persebaya dengan calon lawannya, Perseru sebagai penghuni peringkat keempat. Menurut pelatih Persebaya U-16 Yongki Kastanja, dirinya fokus untuk merebut poin pada laga yang digelar di lapangan Persebaya, Karanggayam nanti. "Saya tekankan pada anak-anak untuk fokus merebut poin, kita tidak ingin kehilangan kesempatan untuk lolos karena kita bermain di kandang," tutur Yongki.

Sayang misi bangkit Persebaya sedikit terganggu. Pemain timnas U-16 Brylian Aldama harus absen pada laga sore (21/11) nanti lantaran kartu merah yang didapatkannya pada laga terakhir melawan PSM, Senin (19/11) lalu. Namun Yongki tidak ingin timnya bergantung pada satu pemain. "Ini permainan tim, jadi kita tidak bisa bergantung pada satu dua pemain," jelas Yongki.

Mantan gelandang Persebaya era 80-an ini juga menanamkan kepercayaan diri kepada pemainnya. "Pada laga melawan PSM mental mereka down saat Brylian diusir dari lapangan, tapi saya ingatkan ke mereka bahwa tim ini sudah terbentuk jauh sebelum Brylian dan Ernando bergabung, jadi tidak ada alasan untuk minder ataupun kalah mental sebelum bertanding," tutupnya.

Sementara itu Perseru sedang dalam tren positif. Setelah kalah dari Borneo FC dengan skor tipis 0-1, Perseru langsung berhasil mendapatkan kemenangan di laga berikutnya dengan mengalahkan Mitra Kukar dengan skor 2-0.

SebelumnyaPersebaya dan Perseru sudah bertemu di 3 putaran sebelumnya. Bajol Ijo Muda unggul dengan 1 kemenangan (1-0 dan dua laga lainnya berakhir dengan seri (1-1, 0-0). Kemenangan Persebaya atas Perseru terjadi pada putaran pertama yang juga digelar di Surabaya. Ega Favian saat itu tampil sebagai pahlawan dengan mencetak gol tunggal untuk Persebaya. (*)

BERITA LAINNYA