Asisten pelatih PS Kota Pahlawan (KoPa) Mat Halil memberikan pengarahan kepada para pemain disaksikan langsung pelatih Achmad Rosyidin pada sesi latihan di Lapangan Persebaya, Karanggayam. PS KoPa membutuhkan kemenangan dengan margin dua gol saat menjamu PSID Jombang di Stadion Jala Krida Mandala AAL Bumimoro besok sore (13/11). (Persebaya)
Liga 3 Putaran Nasional - Babak Pendahuluan 2
PS KoPa Kejar Kekalahan 0-1 di Leg Pertama

Peluang PS Kota Pahlawan (KoPa) masih terbuka lebar guna bisa menembus putaran nasional babak 32 besar. Syaratnya, PS KoPa wajib memenangi pertandingan leg kedua babak pendahuluan 2 melawan PSID Jombang di Stadion Jala Krida Mandala AAL Bumimoro besok sore (13/11).

PS KoPa butuh kemenangan dengan selisih dua gol untuk lolos ke babak selanjutnya. Sebab, dalam pertandingan leg pertama di Stadion Merdeka, Jombang, pekan lalu, PS KoPa terpaksa mengakui keunggulan PSID dengan skor 1-0 setelah kecolongan melalui gol yang dicetak Didit Febrianto pada menit-menit akhir laga. Tepatnya menit ke-90+5.

"Kami harus menang 2-0, mudah-mudahan teman-teman tidak terbenani dan bisa menjadi motivasi karena kami semua optimistis bisa menang," ujar Lukman Hakim, kapten tim PS KoPa, pada sesi latihan di Lapangan Persebaya, Karanggayam pagi tadi (12/11).

Menurutnya, bermain di kandang pada leg kedua menjadi suatu keuntungan tersendiri bagi tim satelit bentukan manajemen Persebaya itu. Meski demikian, ia dan rekan-rekannya harus tetap fokus dan konsentrasi hingga pertandingan usai. "Kami harus memaksimalkan setiap peluang yang tercipta. Dan juga tidak banyak membuat kesalahan di pertahanan sendiri," cetusnya.

Sementara itu pelatih PS KoPa Achmad Rosyidin mengakui ada beberapa pemain PSID yang harus diantisipasi anak asuhnya dalam laga nanti. Di antaranya, mematikan kedua sayap skuad berjulukan Laskar Kebo Kicak tersebut. "Kekuatan yang dimiliki PSID hanya masalah bola mati plus ditambah dengan dua winger, tinggal kami memutus alur bola ke winger mereka dan tidak memberikan peluang lawan lewat bola-bola mati," ucapnya.

"Saat ini PSID memang diatas angin. Tapi, masih ada 90 menit lagi. Saya dan pemain tetap memiliki tekad untuk membawa PS KoPa melangkah lebih jauh di Liga 3 musim ini," tandas mantan asisten pelatih Persebaya musim 2017 itu.

Pemenang pertandingan ini akan melenggang ke putaran nasional babak 32 besar. PS KoPa ataupun PSID akan tergabung di Grup bersama PSCS Cilacap, PSBL Langsa serta pemenang Solok FC atau Medan Utama FC. (*)

BERITA LAINNYA