TERIMA KASIH: Bonek yang memadati Stadion Wilis, Madiun, tadi malam tak henti-henti memberikan dukungan kepada tim kesayangannya Persebaya. (Foto: Angger Bondan/Jawa Pos)
Bukti Bonek Lebih Dewasa

BONEK tidak tertib dan kisruh itu cerita lama. Sudah tutup buku. Lawatan belasan ribu pendukung Persebaya Surabaya itu untuk memberikan dukungan kepada tim kesayangannya ketika melawan tuan rumah Madiun Putra dalam lanjutan grup 5 Liga 2 menjadi bukti nyata.

Setelah dua laga away sebelumnya selalu digelar tanpa penonton, kemarin menjadi momen bahagia bagi Bonek. Mereka bisa memberikan dukungan langsung kepada Misbakus Solikin dkk dari tribun Stadion Wilis, Madiun. Bahkan, jumlah Bonek lebih banyak ketimbang penonton tuan rumah.

"Pertandingan ini adalah bukti. Bonek sudah berubah dan berbenah dengan sangat baik. Laga ini harus menjadi contoh bahwa laga tandang Persebaya tidak membahayakan untuk kota tuan rumah," kata Manajer Persebaya Chairul Basalamah kemarin.

Pria yang disapa Abud itu juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan penuh dalam menjaga agar pertandingan berjalan tertib. "Semuanya berjalan lancar berkat bantuan dari Polresta Madiun dan aparat TNI," lanjutnya.

Sehari sebelum pertandingan, banyak Bonek yang sudah berada di Kota Madiun. Sejak siang hari, Bonek dengan warna kebanggaan hijau memadati area dekat Stadion Wilis. Ketika bus tim datang, mereka memberikan sambutan yang luar biasa dengan menyanyikan beberapa lagu dan mars andalan.

Dan, puncaknya, stadion berkapasitas 25 ribu penonton itu seolah menjadi pertunjukan kreativitas Bonek dalam mendukung Persebaya pada malam hari. Secara merata, tribun selatan, timur, dan utara mereka hijaukan.

Spanduk dengan tulisan semangat dan slogan "Salam Satu Nyali" terpasang di tribun selatan. Tidak henti-hentinya mereka menyanyikan lagu penyemangat untuk tim yang sedang berjuang meraih kemenangan.

Saat peluit panjang berbunyi, seperti biasa mereka menyanyikan lagu Song for Pride. Para penggawa Persebaya mengelilingi stadion sambil bertepuk tangan sebagai ucapan terima kasih atas dukungan Bonek.

"Kami sangat berterima kasih kepada semua yang datang jauhjauh dari Surabaya untuk memberikan semangat. Dukungan dari Bonek menjadi doping yang ampuh bagi kami untuk terus berjuang meraih kemenangan," ungkap kapten Persebaya Misbakus Solikin.

Sementara itu, di Surabaya, acara nonton bareng dilaksanakan di beberapa titik, termasuk Mes Persebaya. Di lokasi tersebut, ratusan Bonek dengan atribut lengkap hadir memberikan dukungan untuk jagoannya di lapangan. Walau hanya bisa melihat dari layar selebar 2 x 2 meter yang dibentangkan di halaman markas Persebaya itu, Bonek tetap menikmati seluruh jalannya pertandingan dengan semarak. (dit/rid/c4/ham)

 

Story provided by Jawa Pos

<

BERITA LAINNYA