David Aparecido da Silva (kiri) mulai menjalani latihan terpisah dengan pengawasan langsung dokter dari Brasil di Stadion Gelora Bung Tomo sore tadi (7/11). David kemungkinan besar bisa tampil dalam laga melawan Bhayangkara FC. (Satrio Wicaksono for Persebaya)
Persebaya Bisa Turunkan The Winning Team Lawan PSM
David Mulai Latihan, Besok Alom Gabung Latihan

Rentetan cedera yang dialami Persebaya menunjukkan sinyal positif. David Aparecido da Silva, top scorer Green Force sekaligus Liga 1, mulai bergabung latihan sore tadi (7/11). Nelson Alom, gelandang tangguh Persebaya, dijadwalkan besok gabung latihan.

”David mulai menjalani latihan penguatan di lapangan. Dia kemungkinan besar bisa tampil dalam laga melawan Bhayangkara FC (26/11) nanti,” kata Pratama Wicaksana, dokter tim Persebaya.

David saat ini menjadi top scorer sementara liga dengan 16 gol. Unggul satu gol dari sejumlah penyerang tim lain. Salah satunya Fernando Rodriguez (Mitra Kukar) yang mengoleksi 15 gol. Peluangnya untuk menjadi top scorer pada akhir musim, sekaligus mendukung Persebaya ke papan atas, akan terbuka kalau dia segera main.

David mengalami cedera pada medial collateral ligament lutut kananya dalam pertandingan melawan Arema FC pada 6 Oktober lalu. Sejak saat itu dia tidak bisa bermain.

Cedera panjang juga dialami Nelson. Dia mengalami fracture pada lutut akibat benturan dalam laga melawan Persija pada 26 Juni lalu. Pemain asal Papua itu sampai harus menjalani operasi.

”Sama seperti David, Nelson diprediksi bisa main full melawan Bhayangkara,” ucap Tommy, sapaan Pratama.

Pelatih Persebaya Djadjang Nurdjaman memberikan pengarahan kepada pemain pada sesi latihan di Stadion Gelora Bung Tomo sore tadi (7/11). Dia bakal bisa bernafas lega setelah rentetan cedera yang para pemainnya menunjukkan sinyal positif. (Satrio Wicaksono for Persebaya)

Sementara itu, winning team yang mengantarkan Persebaya mengalahkan Persija 3-0 Minggu lalu (4/11), dalam kondisi siap tempur melawan PSM Sabtu mendatang (10/11). Mereka kemarin menjalani sesi latihan di Gelora Bung Tomo. David yang kondisinya belum fit sepenuhnya, berlatih terpisah.

Pelatih Persebaya Djadjang Nurdjaman cukup puas dengan kondisi kebugaran pemain saat ini. Setidaknya dia bisa kembali menurunkan the winning team laga melawan Persija saat menjamu PSM.

“Sangat mungkin. Tapi tetap belum final. Masih ada dua hari untuk melihat kondisi pemain. Tapi saya punya firasat kami akan mainkan the winning team,” ungkap Djanur usai sesi latihan di Stadion Gelora Bung Tomo sore tadi (7/11). “Dan saya pikir termasuk Syaifuddin, kemarin lawan Persija tidak banyak masalah. Bahkan mampu membuat Novri Setiawan tidak banyak beraksi di sektor kiri Persija,” puji pelatih berusia 53 tahun itu.

Kondisi bek Persebaya Otavio Dutra (rompi merah) sudah membaik meski sempat sakit pada laga melawan Persija Jakarta kemarin (4/11). Dia bertekad menjaga kondisi agar bisa tampil melawan PSM Makassar. (Satrio Wicaksono for Persebaya)

Djanur mengaku sempat waswas saat menjelang laga melawan Persija. Ketika itu kondisi Otavio Dutra sempat mengkhawatirkan. Dia harus dibawa ke rumah sakit dan mendapatkan infus. “Hari ini H-3 pertandingan, kondisi pemain boleh dibilang sudah lebih baik. Sebut saja Dutra sempat meragukan. Tapi tadi dia sudah berlatih penuh,” kata pelatih asal Majalengka itu.

Sementara itu, Dutra mengaku jika sebelum pertandingan melawan Persija sempat sakit. Pemain asal Brasil itu mulai merasakan sakit saat di Jayapura.

“Kemudian di Surabaya oleh dokter saya diminta untuk istirahat selama dua hari. Tapi demi Persebaya saya coba paksakan untuk main. Dan puji Tuhan, kami berhasil menang,” terang Dutra.

“Pelatih sudah beri saya dua hari libur. Kondisi saya sudah lebih baik. Saya pasti main dan menang lagi melawan PSM. Saya dan teman-teman ingin bawa Persebaya lebih jauh lagi. Saya rasa kami sudah lebih kompak setelah kalah dari Borneo FC,” tandasnya. (*)

BERITA LAINNYA