Skuad PS Kota Pahlawan melakukan latihan di Lapangan Persebaya, Karanggayam Jumat pagi (2/11), sebagai persiapan menghadapi PSID Jombang di Stadion Merdeka, Jombang sore ini (6/11). (Persebaya)
Liga 3 Putaran Nasional - Babak Pendahuluan 2
Sudah Hafal PSID, PS KoPa Tetap Waspada

Modal berharga dikantongi PS Kota Pahlawan (KoPa) menghadapi leg pertama Liga 3 Putaran Nasional - Babak Pendahuluan 2. PS KoPa akan menantang PSID Jombang di Stadion Merdeka, Jombang nanti sore (6/11). Kemenangan pada perjumpaan pertama di babak 16 besar Liga 3 zona Jawa Timur menjadi salah satu modal PS KoPa.

Ahmad Rosyidin, pelatih PS KoPa, mengaku sudah mengetahui kekuatan dan kelemahan tim asal Jombang tersebut. Pasalnya, pada babak 16 besar Liga 3 zona Jawa Timur, kedua tim pernah bertemu di Stadion Gajayana, Malang, Agustus lalu. Saat itu, PS KoPa menang 1-0 atas tim asal Kota Santri tersebut lewat gol Hendra Tristiandy Hermawan. Meski demikian, PS KoPa tetap mewaspadai tuan rumah.

"Kami tahu seberapa bagusnya lawan waktu di Kota Malang lalu. Maka kami butuh penampilan terbaik untuk melewati hadangan PSID. Jadi sudah cukup tahu kekuatan dan kelemahan lawan. Tapi saya meminta para pemain tidak kehilangan konsentrasi dan fokus," ujar Ahmad ketika ditemui di Lapangan Persebaya, Karanggayam (5/11). "Kami tetap waspada. Karena mereka pasti sudah berbenah," imbuhnya.

PS KoPa dan PSID berhak meraih tiket ke babak selanjutnya usai unggul gol tandang dari lawannya masing-masing. PS KoPa secara agregat imbang 4-4 dengan PSIP Pemalang. Sementara Laskar Kebo Kicak, julukan PSID, bermain imbang 3-3 dengan Putra Sinar Giri.

Ahmad menyebutkan sudah menganalisa pertandingan yang dijalani oleh klub tetangga itu. "Kami sudah lihat bagaimana PSID main, kami sudah tahu bagaimana kelebihan mereka, kekurangan mereka juga," tegas mantan asisten pelatih Persebaya itu.

Ahmad menegaskan jika Lukman Hakim dkk sudah siap melakoni laga tersebut. Menurutnya, dalam pertandingan seperti ini bukan hanya soal urusan menyerang tapi juga bagaimana membangun kerja sama yang apik dalam bertahan.

"Paling penting yang harus dipersiapkan adalah mental. Mental harus siap, dan anak-anak sudah siap. Nanti saat defense harus sama-sama semuanya, harus kompak, harus berkomunikasi. Termasuk juga waktu menyerang," jelasnya. "Setiap peluang yang tercipta, harus bisa dimaksimalkan menjadi gol," lanjut Ahmad.

Pelatih berlisensi C AFC ini menganggap memetik kemenangan di kandang lawan bukan tugas mudah untuk PS KoPa. Biar begitu, Ahmad menegaskan keyakinan dirinya jika timnya bisa memetik hasil positif. "Bagi kami, ini misi sulit di pertandingan pertama. Tapi, prinsip dasarnya tetap sama, yakni kami akan fokus dengan gaya main kami sendiri. Kami harus bisa meredam PSID. Mereka bekerja sangat baik. Yang pasti kami akan kerja keras," tandasnya. (*)

BERITA LAINNYA