Misbakus Solikhin menjadi jangkar tangguh Persebaya kala menjamu Persija di Stadion Gelora Bung Tomo (4/11). (Satriowcs for persebaya)
Misbakus Solikin, Jangkar Tangguh Pertahanan Persebaya
Cak Mis, dari Top Scorer ke Tukang Jagal

Musim lalu, saat Green Force masih berlaga di Liga 2, Misbakus Solikin menjadi top scorer dengan 12 gol. Musim ini, di Liga 1, perolehan golnya hanya dua biji.

Namun, bukan berarti peran Cak Mis, sapaannya, untuk Persebaya menurun. Dari gelandang serang, kini menjadi tukang jagal (baca: gelandang bertahan) andalan Green Force. Kedatangan Djadjang Nurdjaman membuat permainannya kembali meroket.

Misbakus Solikhin menjadi jangkar tangguh bagi lini pertahanan Persebaya (Persebaya)

Memberikan assist kepada Fandi Eko Utomo pada gol Persebaya saat melawan Persija. Juga selalu menjadi pilihan pelatih. Bagaimana komentar Cak Mis tentang hal itu?

Pastinya sangat senang bisa mendapat kepercayaan bermain dari pelatih. Apa yang saya dapatkan adalah tanggung jawab besar sekaligus kepercayaan yang harus dimaksimalkan sebaik mungkin. 

Lebih sering bermain sebagai gelandang bertahan, tapi juga terlihat lihai membantu serangan. Sebenarnya lebih nyaman bermain di posisi manakah?

Posisi saya sejak dulu memang di gelandang bertahan tapi hanya lebih aktif naik ke depan untuk membantu serangan. Hanya saja, sekarang lebih fokus dipertahanan. Tapi, kalau memilih,  pelatih memainkan saya diposisi manapun saya selalu siap.

Siapa pemain kunci yang harus dimatikan saat melawan Persija?

Striker Marco Simic adalah salah satu yang paling berbahaya dalam dipertandingan kemarin. Kami sudah bertekad untuk mematikan ruang geraknya. Alhamdulillah, dengan rapatnya antar lini belakang, Simic tak bisa mendapatkan banyak kesempatan.

Bagaimana kondisi tim saat tanpa sejumlah pemain penting yang cedera, seperti Robertino Pugliara, Nelson Alom, dan David Da Silva?

Kehilangan pemain andalan seperti Robertino, David da Silva, dan Nelson Alom adalah kerugian terbesar bagi Persebaya. Karena kami butuh mereka. Tapi, saya salut dengan semangat semua pemain yang ada di tim ini, yang selalu solid dan berambisi untuk memberikan yang terbaik bagi tim ini dan membangkitkan kembali kejayaan Persebaya.

Apa yang harus ditingkatkan oleh tim untuk tetap konsisten di jalur kemenangan?

Semua pemain harus semangat dan lebih bekerja keras lagi. Biar tim semakin solid untuk pertandingan selanjutnya sampai akhir musim nanti.

Makin moncer saja setelah menikah, apa ada pengaruhnya?

Pastinya ada pengaruh. Karna sebelum pertandingan istri selalu menitip pesan main semangat dan raihlah kemenangan, itu juga bagian dari motivasi buat saya.

Selalu bermain 90 menit, apa kunci stamina terus bugar?

Saya selalu menambah jam latihan sendiri di luar jadwal latihan tim. Itu semua saya lakukan untuk tetep bisa konsisten bermain bagus disetiap pertandingan. (*)

 

 

BERITA LAINNYA