Para pemain Persebaya U-16 mendengarkan pengarahan sebelum melakoni Seri 3 di Lapangan Hasanuddin, Makassar, 28 Oktober hingga 3 November lalu. (Persebaya)
Persebaya U-16 Tatap Seri Akhir Liga 1 U-16

Fokus dan Konsentrasi di Seri Terakhir

Persebaya U-16 harus berjuang keras untuk menjaga peluang lolos ke babak delapan besar Liga 1 Elite Pro Academy U-16. Sampai berakhirnya seri ketiga di Makassar, Ragil Satrya Jati dkk bertengger di posisi runner-up klasemen sementara Grup C. Mereka mengoleksi 25 poin. Sama dengan perolehan PSM Makassar U-16 yang menjadi pemuncak.

Dari 15 pertandingan, Bajul Ijo Cilik dan PSM U-16 meraih tujuh kemenangan, serta masing-masing empat kali seri dan kalah. Namun, Persebaya U-16 kalah produktifitas gol dengan Ramang Muda – julukan PSM U-16. Di posisi ketiga, Borneo FC menguntit lewat raihan angka 24.

Pada seri ketiga yang diselenggarakan di Lapangan Hasanuddin, Makassar, 28 Oktober hingga 3 November lalu, Persebaya U-16 kehilangan singgasana yang dikuasai sejak kedua. Salah satu penyebabnya adalah kekalahan 0-2 dari Borneo FC U-16 di laga pamungkas.

“Kans lolos masih terbuka, termasuk bagi Persebaya U-16. Maka dari itu kami harus tetap kerja keras dan konsentrasi di latihan dan pertandingan,” ujar Yahya Hasan Alkatiri, manajer Persebaya U-16.

Rencananya, perhelatan seri keempat Liga 1 U-16 akan bergulir 18 November mendatang. Hanya saja hingga kini jadwal lengkap seri terakhir tersebut belum diterima. “Kami belum terima jadwal untuk Seri 4. Namun seri pamungkas pasti dimulai 18 November di Lapangan Persebaya, Karanggayam,” ungkap Yahya.

Dia menyebut Persebaya U-16 memiliki keunggulan untuk bisa membuka asa lolos lantaran bermain di kandang sendiri, September lalu. “Tapi kami harus tetap konsentrasi. Yang jelas kans lolos pasti ada,” terang Yahya.

Bukan tanpa alasan jika tim asuhan Yongki Kastanja itu wajib konsentrasi penuh. Pada gelaran Seri 1 lalu, Persebaya U-16 menderita kekalahan dari Mitra Kukar U-16 dan Persipura Jayapura U-16. “Anak-anak harus meminimalisasi kesalahan sendiri di lapangan. Sekarang ini kami memiliki kepercayaan diri, dan mereka (pemain Persebaya U-16) memiliki momentum,” jelas Yahya yang juga manajer Putra Surabaya, klub internal Persebaya, itu.

Dari tiga grup Liga 1 U-16, dua tim terbaik lolos ke babak delapan besar. Ditambah dengan dua runner-up terbaik. Mereka kemudian akan dibagi lagi dalam dua grup untuk mencari empat tim terbaik untuk babak semifinal. (*)

BERITA LAINNYA