Suasana Pre Match Press conference Persebaya Surabaya vs Persija di kediaman Wakil Walikota Surabaya pada Jumat (4/11). (Persebaya)
Preview Matchday 29 GO-JEK Liga 1 2018, Persebaya vs Persija

Oktafianus: Habis-Habisan untuk Meraih Kemenangan

Tidak ada yang tidak mungkin. Termasuk menghentikan tren kemenangan Persija. Persebaya akan tampil habis-habisan untuk mengalahkan mereka dalam laga ke-29 GO-JEK Liga 1 besok sore (4/11) di Stadion Gelora Bung Tomo.

Persebaya masih belum bisa menurunkan top scorer David Aparecido da Silva. Pun gelandang bertahan Nelson Alom. Ditambah sudah berakhirnya musim bagi dua gelandang serang Robertino Pugliara dan Raphael Maitimo. Pemain yang absen bertambah setelah Irfan Jaya bergabung dengan timnas Indonesia ke Piala AFF 2018.

"Segala kekurangan yang ada harus dihadapi, kami punya tekad. Bermain di Stadion Gelora Bung Tomo tidak boleh miss lagi, dan harus berupaya untuk mengambil tiga poin," beber Djadjang Nurdjaman, pelatih Persebaya dalam sesi jumpa pers siang tadi (3/11).

Misbakus Solikin dalam sesi official training Persebaya. (Satriowcs for Persebaya)

Persija, kata Djanur, merupakan tim tangguh yang menjadi kandidat juara musim ini. Macan Kemayoran - julukan Persija - datang ke Kota Pahlawan dengan modal mentereng. Mereka belum tersentuh kekalahan di empat pertandingan terakhirnya. "Rekor Persija akhir-akhir ini cukup positif di partai away-nya. Ini yang kami antisipasi, dan bagi kami itu wajar karena Persija dihuni pemain-pemain berpengalaman. Ada Ramdani Lestaluhu, Marco Simic, ada Ismed Sofyan kalau main. Ada juga Rohit Chand dan yang lainnya. Secara kualitas individu mereka cukup bagus di Liga Indonesia," jelas Djanur.

"Tapi kami tidak gentar. Semua pemain menyatukan tekad untuk bisa meraih poin di kandang. Karena (kemenangan) bisa mengamankan kami dari ancaman degradasi," lanjut pelatih asal Majalengka itu.

Sementara itu, Oktafianus Fernando, winger Persebaya, menyatakan pemain-pemain Bajul Ijo termotivasi dengan antusiasme Bonek yang akan memadati stadion besok. Terbukti, tiket sudah terjual sejak Kamis malam kemarin (1/11). "Persija tim bagus, tim papan atas. Tapi dengan penuhnya stadion, pemain jadi termotivasi untuk memenangkan pertandingan. Makanya kami harus tampil maksimal, ngeyel dan habis-habisan untuk pertandingan besok," tegasnya.

Djanur menambahkan sudah menyiapkan pemain alternatif untuk mengisi posisi yang ditinggalkan oleh Abu Rizal Maulana. Dia absen karena akumulasi kartu. Namun, pelatih berusia 53 tahun itu enggan mengungkapkan siapa yang dipilih untuk memperkuat sektor tersebut. "Sudah kami siapkan sejak latihan kemarin. Diantaranya ada Andri Muliadi, M. Syaifuddin, atau mungkin Fandry Imbiri yang waktu di Semen Padang pernah jadi fullback. Masih ada waktu hingga hari ini," aku mantan pelatih Persib Bandung dan PSMS Medan itu.

Sesi official training Persija Jakarta di Stadion Gelora Bung Tomo. (Persebaya)

Di sisi lain, Stefano Cugurra Teco, pelatih Persija mengakui timnya sudah tampil konsisten. Termasuk ketika timnya kehilangan banyak pemain inti. "Kami juga tidak ada masalah besok stadion dipenuhi oleh Bonek saja. Kami sudah lebih siap, terutama dengan adanya pengalaman bermain di AFC Cup 2018," tegasnya. (*)

 

 

BERITA LAINNYA