Rishadi Fauzi berusaha lepas dari kawalan Ricardo Salampessy. Fauzi gagal mencetak gol dalam pertandingan melawan Persipura. (Persebaya)
Persebaya Gagal Membawa Pulang Poin dari Jayapura

Waktu Mepet, Pengganti Osvaldo Belum Maksimal

Tren positif Persebaya harus terhenti. Bermain di Stadion Mandala, Jayapura, Bajol Ijo kalah 1-3 (0-1) melawan Persipura. Faktor kelelahan dan belum maksimalnya pengganti Osvaldo Haay yang absen karena sanksi PSSI, membuat Persebaya gagal memberikan perlawanan maksimal.

Persebaya tidak mampu mengimbangi kecepatan pemain-pemain Persipura. Melalui serangan balik, Boaz Solossa sudah membawa Mutiara Hitam unggul pada menit kelima.

Memasuki babak kedua, pertahanan Persebaya semakin tertekan. Dua gol Persipura pun lahir melalui Marcio Nascimento Rosario pada menit ke-57 dan Hilton Moreira (67). Green Force hanya mampu memperkecil defisit melalui eksekusi penalti Otavio Dutra pada menit ke-71.

Pelatih Persebaya Djadjang Nurdjaman menyatakan timnya mengalami kelelahan. ”Tim kami kurang berani bermain bola karena pemain tidak dalam kondisi bugar," tutur Djanur saat after match press.

Dalam sesi press conference Djadjang Nurdjaman mengaku timnya kelelahan sehingga tampil tidak maksimal. (Persebaya)

Dirinya juga berpendapat gol Persipura hadir karena kurang fokusnya para pemainnya. "Jeda pertandingan yang hanya 4 hari juga mempengaruhi fokus pemain," imbuhnya.

Selain itu kehilangan Osvaldo Haay yang sedang on fire juga mempengaruhi permainan Persebaya sore ini. "Kita coba beberapa opsi di depan, sayang belum maksimal karena persiapan kita juga mepet," kata Djanur.

Pada awal pertandingan, Djanur memasang Riky Kayame sebagai penyerang tengah. Sayang, pemain asal Papua itu tidak mampu berbuat banyak untuk menembus defense tim tuan rumah yang digalang Ricardo Salampessy. 

Rishadi Fauzi dimasukkan pada pertengahan babak kedua menggantikan Riky juga kurang maksimal. Meski, aksinya berbuah penalti pada menit ke-71.

 

Rendi Irwan (tengah) dikepung pemain Persipura. (Persebaya)

Tekad Bangkit

Kapten Persebaya, Rendi Irwan juga mengakui dirinya dan rekan-rekannya gagal mempersembahkan permainan terbaik. Namun, dia tidak mau terus meratapi hasil negatif ini. "Kita harus langsung fokus menghadapi Persija, karena kita tidak mau kehilangan poin di kandang," jelas Rendi.

Persebaya memang tidak punya waktu lama. Lima hari lagi Green Force akan menjamu Persija di Gelora Bung Tomo. Persebaya wajib merebut tiga poin jika tidak ingin terkunci di papan bawah. Saat ini Persebaya berada di posisi ke-12 dengan raihan 35 poin. Hanya selisih tiga poin dari tim teratas di zona degradasi PS Tira. (*)

BERITA LAINNYA