Osvaldo Haay dalam sesi latihan Persebaya di Stadion Gelora Bung Tomo pada Selasa (23/10) (Satriowcs for Persebaya)
Osvaldo Haay dan Peran Barunya Sebagai Target Man

Valdo Tangguh Duel Lawan Igbonefo

Kemenangan melawan Persib Bandung pada Sabtu lalu (20/10) tidak hanya membuahkan tiga poin untuk Persebaya. Bagi pelatih Djadjang Nurdjaman, kemenangan itu memberikan opsi baru untuk barisan depan Green Force.

Osvaldo Haay, yang selama ini identik sebagai winger, mampu menjadi target man alias striker tengah. Satu gol dia ciptakan dalam laga yang berakhir dengan skor 4-1 itu. Satu aksinya di awal babak pertama membuat Persebaya mendapatkan penalti yang dieksekusi dengan sangat baik oleh Irfan Jaya.

”Saya sudah coba Valdo menjadi striker tengah dalam dua hari latihan di Surabaya pekan lalu,” kata Djanur. ”Dan penampilannya dalam pertandingan melawan Persib menunjukkan dia bisa bermain di posisi itu,” lanjutnya.

Pada awalnya Djanur membayangkan Valdo akan membahayakan gawang lawan dengan kecepatan-kecepatannya.  Namun, lebih dari itu, Valdo ternyata juga tangguh dalam duel. Adu badan dengan Victor Igbonefo, bek tengah Persib yang berbadan jangkung dan besar, Valdo cukup tangguh.

Osvaldo Haay saat berduel dengan Victor Igbonefo dalam pertandingan Persib Bandung vs Persebaya di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Sabtu lalu (Satriowcs for Persebaya)

”Valdo cukup tangguh untuk menjadi target man,” puji Djanur.

Penampilan impresif Valdo menjadi jawaban untuk Persebaya yang tengah mencari pengganti David da Silva. Pemain asal Brazil itu mengalami cedera saat melawan Arema FC. Melawan Madura United Kamis lusa (25/10), dia sepertinya belum bisa main.

Valdo sendiri mengaku tidak terlalu sulit beradaptasi dengan posisi barunya. Apalagi, Oktafianus Fernando dan Irfan Jaya menyokongnya dengan sangat baik di sisi kanan dan kiri.

“Tidak terlalu sulit untuk beradaptasi. Karena perannya sama seperti winger, menyerang. Tapi itu (gol) semua juga bantuan dari teman-teman yang lain. Jadi memudahkan saya untuk main di posisi itu,” kata Osvaldo.

Bermain sebagai striker ternyata bukan hal baru bagi Osvaldo. Sebab ia pernah merasakannya sewaktu membela Persipura Jayapura. “Dulu di Persipura sempat bermain di posisi striker. False nine juga. Tapi sama saja, karena posisi ideal saya di winger, jadi tidak terlalu sulit kalau bermain jadi striker,” bebernya.

Pemain 20 tahun itu menyerahkan sepenuhnya posisi mana yang akan di tempati kepada pelatih. Menurutnya, tugas sebagai seorang pemain adalah bermain dengan baik. “Kalau pelatih mau saya jadi posisi apa, tidak ada masalah. Bagi saya, harus main dengan baik,” ujar Osvaldo. (*)

 

BERITA LAINNYA