Taufiq (Depan) mengamankan bola dari hadangan pemain Bintang Timur pada pertandingan Kompetisi Kapal Api Persebaya di Lapangan Persebaya , Kamis (18/10) (Persebaya)
Kompetisi Kapal Api Persebaya 2018 Seri A, Bintang Timur vs El Faza
Gol Tunggal Achmad Dwi Bawa El Faza Kalahkan Bintang timur

Kejutan kembali terjadi dalam lanjutan Kompetisi Kapal Api Persebaya (KKAP) 2018 Seri A sore ini (18/10). Bintang Timur yang notabene penghuni papan atas kalsemen Seri A harus rela kehilangan 3 poin saat melawan penghuni dasar klasemen El Faza. Pertandingan yang dilangsungkan di lapangan Karanggayam tersebut berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan El Faza. Melalui gol tunggal Achmad Dwi pada menit ke-83.

Menyerang sejak awal babak pertama, anak asuh Nurkiman kesulitan menembus daerah pertahanan El Faza. Beberapa kali pemain Bintang Timur terlihat menemui jalan buntu tiap berada di dekat kotak penalti. Seperti pada menit ke-26, saat striker Bintang Timur Muzaini mendapat peluang menyisir sisi kiri pertahanan El Faza. Sayang umpannya justru lebih dekat ke arah penjaga gawang El Faza, Geas Falsa. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Achmad Dwi mencoba merebut bola dari serangan pemain Bintang Timur pada pertandingan Kompetisi Kapal Api Persebaya di Lapangan Persebaya , Kamis (18/10)(Persebaya)

Pada babak kedua, El Faza mulai keluar dari tekanan Bintang Timur. Beberapa kali Achmad Sayyidi dkk merepotkan pertahanan Bintang Timur lewat skema serangan balik. Gol yang ditunggu akhirnya datang di menit ke-83. Pemain El Faza, Achmad Dwi berhasil merebut bola dari pemain belakang Bintang Timur dan akhirnya diselesaikan dengan tendangan placing yang mengecoh penjaga gawang. Hingga peluit panjang dibunyikan, tidak ada gol lagi yang tercipta. 1-0 El Faza unggul atas Bintang Timur.

Pelatih El Faza Agus Sarianto merasa sangat puas dengan hasil yang didapatkan timnya. Menurutnya para pemain termotivasi dengan hasil yang di dapat saudara mereka, Farfaza FC di Seri B yang juga menjungkalkan penghuni papan atas klasemen. “Anak-anak sempat tertekan babak pertama, tapi begitu babak kedua kami sudah melihat celah di sisi kanan mereka dan berhasil menciptakan gol,” terang Agus.

Sementara itu, pelatih Bintang Timur Nurkiman menyayangkan kelengahan barisan pertahanan di menit akhir. Menurutnya, faktor kelelahan mempengaruhi menurunkan konsentrasi. “Lima pemain kita yang bermain hari ini juga aktif di Persebaya U-17, dan baru saja beruji coba kemarin (17/10), mungkin itu yang menyebabkan kurangnya konsentrasi di 10 menit akhir babak kedua,” tutur Nurkiman.

Dengan hasil itu, Bintang Timur tidak beranjak dari posisi 3 klasemen sementara. Mereka mengumpulkan 22 poin dari 14 pertandingan. Sedangkan 3 poin tambahan untuk El Faza sangat penting untuk membantu misi mereka lolos dari jurang degradasi. Namun, torehan 12 poin mereka belum mampu menggeser penghuni posisi 9 klasemen, Polda Jatim. Polda Jatim mengantongi 14 poin dari 15 pertandingan. (*)

BERITA LAINNYA