PERSEBAYA U-16 masih kukuh di puncak klasemen sementara grup 2 Liga 1 U-16. Itu setelah tim besutan Yongki Kastanja ini belum terkalahkan sampai dengan pertandingan ke-tiga dalam putaran kedua yang berlangsung di Lapangan Telkom Makassar. Terakhir, Bajol Ijo Cilik --Julukan Persebaya U-16-- menambah satu poin saat dijamu Perseru Serui, Rabu (10/10) sore. 

Dalam laga tersebut, Persebaya sejatinya tertinggal lebih dulu lewat gol pemain pengganti Perseru Serui, M Hanif Mahdi di menit ke-45. Mahdi masuk menit ke-36 menggantikan Junior Daud Christian Magang. Memanfaatkan bola liar di depan gawang, Mahdi langsung melakukan tendangan spekulasi yang berujung gol ke gawang Persebaya. 

Beruntung, kendati tertinggal, skuad Persebaya tidak panik. Mereka tetap bermain tenang dengan memaksimalkan ball position dari lini ke lini. Klimaksnya, empat menit sebelum laga berakhir, kapten Persebaya, Ega Favian Fitrianto sukses menyamakan kedudukan lewat eksekusi set piece dari jarak 20 meter.

Tandangan terukur yang mengarah ke tiang jauh, tidak mampu di antisipasi oleh Meuthio Pauriza, kiper Perseru. Bola hasil sepakan Ega langsung masuk tepat di pojok kiri atas gawang tim asal Papua itu. " Sebelum menendang, saya sudah yakin kalau bola akan bersarang ke gawang mereka. Karena saya melihat posisi kiper mereka berada di posisi yang salah," ujar Ega setelah laga.

Anak dari pasangan Sulis Pujianto dan Yuli asal Sidoarjo mengaku sangat bersyukur karena bisa menyelamatkan Persebaya dari kekalahan. Sayang, di laga berikutnya, Ega harus istirahat total lantaran sudah mengantongi dua kartu kuning. " Gol yang tadi saya cetak adalah salah satu gol terindah saya selama ini," ungkapnya sambil tersenyum. 

Sementara itu, Kastanja memberikan apresiasi atas permainan apik tim besutannya. Sebab, meski hanya mengamankan satu poin, Kastanja mengku bahwa para pemain sudah bermain bagus dan menjalankan instruksi dengan baik. "Dan satu yang paling penting, adalah mental anak anak kian bagus. Karena meski tertinggal, mereka tidak putus asa," kata Kastanja.

Dalam perkembangan yang sama, dua tim yang menjadi pesaing berat Persebaya di puncak klasemen, Borneo FC dan Mitra Kukar mengalami kekalahan. Mitra Kukar kalah tipi 0-1 dari Persipura Jayapura serta Borneo FC dan pulang dengan kepala tertunduk setelah kalah 1-2 dari tuan rumah PSM Makassar. (*)

 

 

Hasil Rabu (10/10)

1. Perseru Serui vs Persebaya : 1-1

2. PSM vs Borneo FC : 2-1

3. Persipura vs Mitra Kukar : 1-0

 

 

Klasemen Sementara Grup 2

Pos Klub MN M S K Gol Poin

1. Persebaya 8      4 2 2 7-4 14

2. Borneo FC 8 4 1 3 9-9 13

3. Mitra Kukar 8 4 0 4 7-7 12

4. PSM Makassar 8      3 2 3 5-6 11

5. Perseru Serui 8 2 4 2 8-7 10

6. Persipura Jayapura 8 2 1 5 6-9 7

BERITA LAINNYA