Robertino Pugliara Mulai Mengikuti Sesi Latihan Ringan Bersama Tim Pada Senin (10/1) di Stadion Gelora Bung Tomo (Satriowcs For Persebaya)
Pemain Cedera Sudah Gabung Latihan

Persebaya Fokus Pulihkan Kondisi Pemain

Pemulihan kondisi fisik pemain dimasa break kompetisi GO-JEK Liga 1 2018 menjadi perhatian tim pelatih Persebaya. Kompetisi kasta tertinggi sepakbola Indonesia ini sudah terhenti sejak 25 September lalu. Praktis selama satu pekan terakhir ini Persebaya fokus menjaga kondisi fisik Rendi Irwan dkk.

Perhatian tim pelatih Persebaya lebih terpusat pada pemulihan kondisi fisik pemain. Karena untuk kembali ke level terbaik, otot para pemain Persebaya butuh rangsangan. “Karena pertandingan berikutnya belum jelas, kami coba dengan sesi latihan tanpa bola. Latihan hari ini lebih penekanan ke peningkatan kondisi fisik,” kata Djadjang Nurdjaman, pelatih Persebaya seusai sesi latihan sore tadi (01/10) di Gelora Bung Tomo.

Sudah sewajarnya Djanur mengenjot fisik para pemain Green Force. Saat ini Persebaya masih kehilangan empat pemain lantaran pemulihan cedera. Mereka adalah Otavio Dutra, Nelson Alom, Raphael Maitimo dan Robertino Pugliara. Tapi, nama terakhir dan Izaac Wanggai sudah ikut berlatih. Sedangkan Dutra dan Maitimo masih berlatih secara terpisah di bawah pengawasan tim medis Persebaya.

Para Penggawa Mengikuti Sesi Latihan Persebaya di Stadion Gelora Bung Tomo pada Senin (1/10) (Satriowcs For Persebaya)

Mereka diprediksi masih melakukan latihan terpisah hingga sepekan kedepan dan belum bergabung latihan fisik dan jalankan games bersama pemain lain. Tapi Djanur bakal memaksimalkan waktu yang ada agar pemain yang cedera dapat pulih. “Saya pesimistis kompetisi (bergulir) minggu ini. Sampai sekarang belum ada kejelasan kompetisi,” ungkap pelatih berusia 53 tahun ini.

Meski demikian, Djanur menegaskan jika Robertino, Dutra dan OK John siap tampil andai kompetisi kembali bergulir dua pekan lagi. “Bila kompetisi mulai pekan ini, saya pikir mereka belum siap. Kalau kompetisi mulai dua pekan lagi, saya pikir Robertino, Dutra dan OK John siap tampil,” ujarnya. “Tapi waktu kosong ini bagus buat pemain yang cedera memulihkan kondisi. Kita lihat saja perkembangannya,” imbuhnya.

Otavio Dutra dan Raphael Maitimo Mengikuti Sesi Latihan Terpisah Dalam Sesi Latihan Rutin di Stadion Gelora Bung Tomo pada Senin (1/10) (Satriowcs for Persebaya)

Tak hanya itu, para pemain yang dalam kondisi terbaik pun juga tak luput dari perhatian. Tim pelatih harus cepat tanggap di waktu yang ada agar kebugaran pemain ada di level bertanding. “Sesi latihan tujuannya untuk menaikkan kondisi fisik. Seperti ada adu lari dengan target waktu. Itu supaya pemain terpacu memenuhi target waktu yang pelatih tetapkan,” tandas pelatih yang mengantarkan Persib Bandung menjuarai Liga Indonesia 2014 itu. (*)'

 

 

 

BERITA LAINNYA