David Aparecido da Silva mencetak dua gol saat Persebaya bermain imbang 3-3 melawan tuan rumah Sriwijaya FC di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang kemarin (16/9). Dengan 13 gol yang dicetak, penyerang asal Brasil itu akan menjadi andalan saat Persebaya menjamu Mitra Kukar di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (22/9). (Satrio Wicaksono for Persebaya)
Adu Tajam Penyerang Terbaik GO-JEK Liga 1 2018
Ayo Da Silva, Salip Rodriguez

Laga Persebaya kontra Mitra Kukar Sabtu nanti (22/9), bakal menjadi ajang adu hebat bomber dua tim. David Aparecido da Silva di kubu Green Force, versus Fernando Rodríguez Ortega di kubu tim tamu.

Da Silva dan Rodriguez adalah dua pemain paling tajam di GO-JEK Liga 1. Rodriguez paling produktif dengan 15 gol. Da Silva tertajam kedua dengan 13 gol.

Da Silva berasal dari Brazil. Rodriguez Spanyol. Kiblat sepak bola dunia. “Pabrik” penyerang-penyerang terhebat di dunia.

Meski menjadi yang terbaik musim ini, pada awalnya dua pemain itu diragukan. Namun, secara perlahan keduanya bisa membuktikan diri mampu menjadi tulang punggung tim.

“Saya memang belum lama menangani Da Silva, tapi dari yang saya lihat dia punya kecerdasan. Ia juga tipikal striker pekerja keras yang suka bermain kolektif. Tidak selalu menunggu umpan matang dari rekannya dan mampu menciptakan ruang atau mencari bola,” puji Djadjang Nurdjaman, pelatih Persebaya.

Penyerang Mitra Kukar Fernando Rodríguez Ortega wajib diwaspadai Persebaya lantaran mencetak dua gol di pertemuan pertama (29/4) lalu. Striker asal Spanyol ini memimpin daftar top scorer GO-JEK Liga 1 2018 dengan 15 gol. (Satrio Wicaksono for Persebaya)

Tipikal permainan Da Silva nyaris sama dengan Rodríguez. Mantan pemain junior Sevilla ini amat kuat di bola udara dan juga mampu melindungi bola dengan baik. Saat ini Naga Mekes – julukan Mitra Kukar – mencetak 32 gol dari 22 laga. Dimana 46,8 persen sumbangsih pemain berusia 31 tahun dengan 15 gol dan satu assist. Rinciannya kaki kanan 6 kali, kaki kiri 4 dan sundulan 5.

Kendati demikian, Da Silva lebih komplit dengan memiliki kecepatan dan kemampuan membuka ruang bagi rekan-rekannya. Dari 34 gol Green Force, 38,2 persen disumbangkan penyerang berusia 28 tahun ini. Tepatnya 13 gol yang berasal dari kaki kanan 8 kali, kaki kiri 4 kali dan dua kali melalui sundulan. Bahkan, dia sudah menyumbangkan dua assist.

“Dia striker yang komplet baik duel udara, maupun akurasi tendangan dan mampu memanfaatkan peluang yang ada. Saya optimis di laga nanti Da Silva akan tampil jauh lebih bagus saat turun ke lapangan. Ini sangat penting dan perlu ada di setiap pertandingan,” ungkap Djanur. (*)

BERITA LAINNYA