Bonek dari kelompok AB27 berfoto bersama sebelum bertolak ke Lombok (Istimewa)
Bonek Peduli Lombok
Kirim Bantuan sampai Bantu Trauma Healing

Tidak hanya militan dalam mendukung tim kesayangan, Bonek juga dikenal sebagai suporter yang aktif dalam bidang sosial. Setelah mampu mendirikan Panti Asuhan Bonek, kali ini kelompok suporter Persebaya itu aktif dalam membantu saudara yang tertimpa bencana di Lombok. Lombok diguncang sejumlah gempa dahsyat dalam beberapa minggu terakhir. Ratusan orang meninggal. Puluhan ribu harus mengungsi. Lombok yang selama ini dikenal sebagai destinasi wisata andalan, porak poranda.

Untuk membantu saudara di Lombok, Bonek tergerak melakukan penggalangan dana lewat berbagai platform. Contohnya Arek Bonek 1927 (AB27). Mereka berinisiatif mengumpulkan dana dengan membuka rekening kemanusiaan. Tidak hanya donatur lewat transfer bank, beberapa komunitas yang tersebar di Surabaya dan luar kota juga turut mengumpulkan dana bantuan kemudian disalurkan lewat AB27.“Kita sudah menyalurkan bantuan lewat beberapa gelombang, sekarang kita sudah memasuki gelombang ketiga” Kata Muhammad Marjuki, ketua pelaksana penggalangan dana AB27.

Selain membantu secara fisik berupa sandang dan pangan, tim relawan AB27 juga ikut membantu kegiatan trauma healing korban bencana “Kita ajak anak-anak pengungsi untuk bermain bola, biar mereka tidak stress mas” jelas Juki. Tidak hanya AB27, gabungan komunitas dari ketiga tribun juga tergerak untuk membantu korban bencana. Perwakilan Green Nord mendirikan posko bantuan di Lombok Barat. Mereka menyalurkan bantuan berupa sandang dan pangan dari hasil penggalangan dana. Tidak hanya itu, Green Nord juga mem-Persebaya-kan masyarakat dengan membagi jersey Persebaya kepada anak-anak korban pengungsi.

Tribun Selatan tidak mau ketinggalan. Penggalangan dana dilakukan dengan mengadakan acara Parade Juang. Tribun Selatan juga memberikan tema Charity for Lombok pada kegiatan Parade Juang yang mereka buat. Selain parade komunitas, di acara tersebut juga terdapat penggalangan dana untuk Lombok. Tidak hanya itu, Tribun Selatan juga mengemas penggalangan dana lewat lelang jersey authentic bertanda tangan seluruh pemain Persebaya. “Alhamdulillah lelang jersey mendapat respon positif dari teman-teman, hingga laku terjual di angka 3 jutaan” kata Sinyo koordinator tribun selatan. Rencananya perwakilan Tribun Selatan akan berangkat ke lombok pada Jum'at (1/9) besok.

Tribun Timur juga menggalang dana lewat kantong-kantong komunitas mereka. “Kami masih membuka donasi sampai kami berangkat ke Lombok minggu depan” Kata Hasan Tiro, koordinator Tribun Timur.Nantinya perwakilan tribun timur tidak hanya membagi makanan dan pakaian tapi juga beberapa tenda untuk tempat berteduh para pengungsi. “Kami dengar pengungsi membutuhkan terpal dan tenda karena banyak dari rumah mereka yang ambruk, oleh karena itu semoga tenda ini nanti berguna untuk saudara kita disana” sambung Hasan. (*)

 

 

 

 

BERITA LAINNYA