Sama-sama menang telak di laga pertama putaran kedua Kompetisi Kapal Api Persebaya 2018 bakal membuat pertandingan Al Rayyan vs Untag Rosita seru di Lapangan Persebaya, Karanggayam, besok sore (23/8). (Persebaya)
Preview Kompetisi Kapal Api Persebaya 2018 Al Rayyan vs Untag Rosita
Adu Agresivitas Serangan

DUA tim Seri A Kompetisi Kapal Api Persebaya (KKAP) 2018, Al Rayyan dan Untag Rosita sama-sama menjalani start meyakinkan di laga pertama putaran kedua. Mereka sangat tajam lantaran mampu menang telak di laga sebelumnya. Kini keduanya akan beradu menentukan siapa yang lebih tajam di Lapangan Persebaya, Karanggayam, besok sore (23/8).

Jika total gol kedua tim dibandingkan, terdapat perbedaan yang mencolok. Al Rayyan tercatat baru mencetak tujuh gol dari 10 pertandingan. Sebaliknya Untag Rosita sudah 15 kali mengoyak gawang tim lain. Mereka tertajam kedua ketimbang Bintang Timur dan Indonesia Muda yang menceploskan 16 gol.

Kendati demikian, Al Rayyan dan Untag Rosita bakal menjalani laga sengit. Mereka sama-sama mengantongi modal kemenangan. Untag Rosita memetik kemenangan telak 5-0 atas Polda Jatim. Sedangkan hasil lebih mentereng diraih Al Rayyan yang mengungguli juara bertahan Indonesia Muda dengan tiga gol tanpa balas.

Hasil itu dipercaya meningkatkan motivasi pemain-pemain Al Rayyan. Klub yang berdiri pada 8 Maret 2008 ini dinilai sudah mulai menemukan bentuk permainan terbaiknya. "Kami punya start yang bagus di putaran kedua ini. Mudah-mudahan bisa berlanjut," ujar pelatih Al Rayyan, Yanto Imam.

Pria yang juga merupakan asisten pelatih PS KoPa tersebut mengaku jika pada putaran pertama lalu timnya masih dalam masa transisi setelah kehilangan sejumlah pemain pilar. Mereka menyumbangkan empat pemain ke PS Kota Pahlawan (KoPa) di Liga 3 Kapal Api Jawa Timur 2018. Kemudian satu pemain bergabung dengan Persebaya U-17 Piala Soeratin U-17 2018. Akibatnya, mereka terpuruk di peringkat sembilan klasemen sementara Seri A.

"Saat itu pemain-pemain pengganti belum padu, makanya performa Al Rayyan tidak sesuai harapan di putaran pertama. Tetapi, sekarang berkat latihan dan jam terbang mereka sudah bisa kompak. Secara kualitas juga tidak berbeda jauh," ungkap Japok, sapaan akrab Yanto Imam.

Sementara itu, kubu Untag Rosita pasti bertekad mempertahankan keperkasaannya atas Al Rayyan. Di pertemuan pertama lalu, berkat gol M. Syaikhul Kirom membawa Untag Rosita menang tipis 1-0 atas Al Rayyan. "Mereka sudah pasti berbeda ketimbang putaran pertama. Tapi, anak-anak punya semangat tinggi dan kami akan berusaha maksimal," ungkap pelatih Untag Rosita, Muharom Rusdiana. (*)

BERITA LAINNYA