Ariel Sharon De Keyzer (tengah) wajib bermain lebih tenang agar dapat menyelesaikan setiap peluang PS Kota Pahlawan yang tercipta menjadi gol ke gawang Triple's Kediri pada laga di Lapangan Persebaya, Karanggayam, Rabu (11/4) sore. (Persebaya)
Matchday Keempat Liga 3 Kapal Api Jatim 2018
Saatnya Bangkit di Kandang Sendiri

PELAJARAN berharga telah dirasakan PS Kota Pahlawan (KoPa) pada matchday ketiga Liga 3 Kapal Api Jawa Timur 2018 lalu. Kini, PS KoPa berambisi bangkit pada lanjutan matchday keempat Grup B menjamu Triple's Kediri di Lapangan Persebaya, Karanggayam, Rabu (11/4) sore.

PS KoPa menelan kekalahan menyakitkan saat menantang tuan rumah Lamongan FC. Pada laga di Stadion Surajaya, Minggu (8/4) sore lalu, PS KoPa takluk 0-2 dari Lamongan FC. Menurut head coach PS KoPa Ahmad Rosyidin anak asuhnya sudah memetik pengalaman berharga dari laga tersebut.

"Kita berpikir positif. Harus kembali kerja keras dan menentukan cara terbaik untuk meraih sukses di laga kandang nanti. Kita tidak dapat mengubah sesuatu yang telah terjadi, seperti itulah sepak bola. Makanya, saya hanya memikirkan laga menghadapi Triple's dan cara memenanginya," tegas Ahmad.

"Kami berjuang untuk kembali ke trek persaingan Grup B Liga 3 dan kami harus bangkit dan mendekat. Ini adalah kesempatan besar untuk kembali ke jalur kemenangan di kandang di depan suporter kami," imbuh mantan caretaker Persebaya Surabaya di Liga 2 2017 lalu.

Dia berharap Ariel Sharon De Keyzer dkk tidak buru-buru saat coba menyelesaikan peluang menjadi gol. Ahmad tidak ingin kejadian di Lamongan terulang kembali. Saat itu, berbagai peluang muncul dari kaki Hendra Tristiandy Hermawan, Firman Illahi, dan pemain lainnya, tapi hanya peluang dari bola mati, yang diciptakan dan tidak berbuah gol.

"Waktu itu, kami terlalu terburu-buru menyelesaikan peluang yang ada. Pemain terkesan tidak sabar dalam menyelesaikan peluang. Mereka seperti bernafsu untuk mencetak gol. Nanti, kami tidak ingin hal ini terulang. Anak-anak harus lebih sabar, tenang dalam mengambil keputusan agar bisa menuntaskan peluang menjadi gol," jelas Ahmad.

"Taktik dan strategi dibicarakan pada saatnya nanti. Yang penting mental pemain siap dan mudah-mudahan tetap terjaga selama pertandingan. Yang pasti, saya percaya mereka makin termotivasi untuk berikan hasil terbaik di laga nanti untuk mengganti poin yang hilang di Lamongan," tandas pelatih berlisensi C AFC ini.

Saat ini tim satelit bentukan manajemen Persebaya bercokol di tangga ketiga klasemen sementara Grup B. PS KoPa mengoleksi empat poin dari tiga laga. (*)

BERITA LAINNYA