Presiden klub Persebaya Azrul Ananda bersama perwakilan UNICEF dan anak-anak penyandang disabilitas pada acara Festival Olahraga Inklusi di Pasuruan beberapa waktu lalu. Persebaya dan UNICEF kembali bekerjasama di acara Green Force Run, Minggu (9/2). (Persebaya)
Green Force Run Untuk Semua
Gandeng UNICEF, Persebaya Undang Anak dengan Disabilitas

Persebaya akan menciptakan sejarah baru. Pada tanggal 9 Februari nanti, untuk pertama kalinya klub kebanggaan arek-arek Suroboyo tersebut menyelenggarakan even lari bertajuk Green Force Run (GFR) 2020. Acara ini ditujukan lebih memasyarakatkan Persebaya dan mem-Persebaya-kan masyakarat.

Tidak hanya mengajak olahraga bagi yang sudah dewasa, GFR juga membuka kategori Kids. Dimana anak-anak bisa berpartisipasi dalam acara tersebut. Lebih spesial lagi Persebaya menggandeng UNICEF untuk memberikan kesempatan anak-anak dengan kebutuhan khusus dan penyandang disabilitas ikut berolahraga.

Direktur Bisnis Persebaya, Lucia Cicilia mengatakan, lewat GFR Persebaya ingin dikenal lebih inklusif, khususnya dengan anak-anak. Setelah sebelumnya banyak kegiatan sosial dan CSR Persebaya yang memang berfokus pada anak-anak. "Kita ingin membuat Green Force Run bersifat inklusif, tidak hanya bisa dinikmati oleh pria dan wanita dewasa saja tapi seluruh anak-anak juga bisa berpartisipasi, termasuk adik-adik berkebutuhan khusus dan penyandang disabilitas," ungkap wanita yang akrab disapa Cicil tersebut.

Nantinya akan ada ratusan anak penyandang disabilitas dan berkebutuhan khusus yang ikut meramaikan GFR. Mereka dipastikan akan didampingi dalam mengikuti lari hingga garis finis. Tidak cukup disitu, adik-adik "kawan spesial" nantinya juga akan unjuk kebolehan. Mulai dari kemampuan mereka bermain sepak bola dan juga berkesenian.

Sementara itu Kepala Perwakilan UNICEF untuk Jawa, Arie Rukmantara mengungkapkan kegembiraannya bisa kembali berkolaborasi dengan Persebaya.

"Kami merasa terhormat diajak Persebaya untuk bergabung di acara Green Force Run, karena niat mulia Persebaya agar olahraga bisa diakses oleh semua anak tanpa terkecuali," ungkapnya.

Ini bukan pertama kali Persebaya dan UNICEF melakukan kerjasama. Sebelumnya Persebaya pernah ikut memeriahkan Festival Olahraga Inklusi di kota Pasuruan. Saat itu presiden klub Persebaya Azrul Ananda dan sejumlah penggawa Green Force ikut dalam pengenalan olahraga yang digagas oleh klub Barcelona tersebut. (*)

BERITA LAINNYA