Deny Herfianto (13) dan Muhammad Cahyo (24) menjadi pahlawan bagi Anak Bangsa saat menang 4-2 atas Bintang Timur di Lapangan Persebaya, Karanggayam, sore tadi (15/9). Hasil ini membawa mereka ke singgasana klasemen sementara KKAP Seri A menggusur Bintang Timur. (Persebaya)
Review Kompetisi Kapal Api Persebaya 2018
Anak Bangsa ke Puncak Usai Kandaskan Bintang Timur

Kemenangan kembali di petik Anak Bangsa di Kompetisi Kapal Api Persebaya (KKAP) Seri A. Tim besutan Yusuf Money tersebut mengalahkan Bintang Timur di Lapangan Persebaya, Karanggayam, sore tadi (15/9). Tak main-main Anak Bangsa mempermalukan Bintang Timur dengan skor telak, 4-2.

Tak hanya meneruskan hasil positif di laga sebelumnya, kemenangan tersebut juga sekaligus mengantarkan Deni Herfianto dkk ke puncak klasemen. Ya, tambahan tiga poin tersebut membuat Anak Bangsa kini mengoleksi 23 poin. Raihan tersebut menyalip Bintang Timur yang sebelumnya merupakan pemuncak klasemen sementara KKAP Seri A dengan torehan 21 poin.

Tak hanya bangga dengan capaian tersebut, Anak Bangsa juga sangat mengapresiasi performa anak asuhnya. Apalagi dalam laga tersebut, Anak Bangsa bermain nyaris tanpa cadangan. Memang, hanya ada 12 pemain termasuk kiper cadangan yang bisa hadir dalam laga tersebut. Praktis, stamina para pemain Anak Bangsa terkuras.

Kendati demikian, mereka tetap bisa mengungguli Bintang Timur lewat gol Deny Herfianto di menit 11 dan 55, Deny Agus di menit 35, dan Muhammad Cahyo di menit 84. Sementara, Bintang Timur sempat membalas melalui gol yang dicetak oleh Daffa Firza di menit 54, dan Adi Saputra di menit 81.

"Kondisi fisik kami kurang karena yang tidak ada pergantian pemain. Banyak yang absen karena ikut Persebaya U-16, Persebaya U-17 dan PS KoPa. Tapi Alhamdulillah, permainan kolektif kami berjalan bagus," ujar pelatih Anak Bangsa, Yusuf Money.

Tak jauh berbeda dengan Anak Bangsa, Bintang Timur juga memuji penampilan anak asuhnya. Kendati kalah dengan skor telak, namun Bintang Timur cukup puas dengan anak asuhnya yang rata-rata berusia 16 tahun tersebut. Apalagi, di menit 63 Bintang Timur harus bermain dengan sepuluh orang setelah Daffa diusir oleh wasit akibat menerima kartu kuning kedua

"Kami cukup puas. Materi pemain kami secara pengalaman jauh dibawah Anak Bangsa, tetapi mereka bisa mengimbangi. Mereka juga main lepas tadi, walaupun harus main sepuluh orang tapi mereka berani main terbuka dan bahkan cetak gol," tutur pelatih kiper Bintang Timur, Murwanto.

Dengan hasil ini, Bintang Timur harus puas melorot ke posisi kedua klasemen sementara KKAP Seri A. Mereka ditempel ketat Indonesia Muda yang berada di posisi ketiga dengan raihan 19 poin. (*)

DATA & FAKTA
Pencetak Gol:
Bintang Timur: Daffa Firza (54'), Adi Saputra (81')
Anak Bangsa: Deny Herfianto (11', 55'), Deny Agus (35'), Muhammad Cahyo (84')

Susunan Pemain:
1-Muhammad Rifay (PG), 24- Donny Hari P, 19-Fathur Rosi, 5- Denisa Prawira, 14- Daffa Firza, 23-M. Zaki Satriya, 16- David Darmawan/27-Galang Aldi Putra (69'), 29-Sofian Dwi, 9-Ahmad Fajar/17-Aimar S (38'), 3- Muhammad Alfaridz, 10-Adi Saputra
Kartu Kuning: Daffa Firza (30')
Kartu Merah: Daffa Firza (63')
Pelatih: Nurkiman

Anak Bangsa:
30- Afandi Yahya/20-Henry Pramudya (85') (PG); 22-Abi Septiandi, 17- Julian Tancarama S, 2-Adrian Rasyid, 15-M. Yusril, 13- Deny Herfianto, 16-Frisco Aldovan P, 19-Moch Irfan, 21- Denny Agus, 24-Muhammad Cahyo (C), 10- Ryan Rizaldi K

Kartu Kuning: Moch Irfan (22')
Kartu Merah: -
Pelatih: Yusuf Money

Wasit: Haris
Asst. Wasit 1: M. Zahri
Asst. Wasit 2: Hanif
Cadangan Wasit: Deny

Stadion: Lapangan Persebaya
Pertandingan No: 61
Kasta: Seri A
Cuaca: Cerah

BERITA LAINNYA