Pelatih Persebaya Aji Santoso saat memberi instruksi kepada para pemain dalam latihan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, kemarin sore. (Persebaya)

PT LIB resmi menghentikan sementara semua aktivitas sepak bola termasuk Shopee Liga 1 2020 akibat merebaknya virus Covid-19. Merespon hal tersebut, pelatih Persebaya, Aji Santoso memutuskan untuk mengistirahatkan pemainnya selama tiga hari.

"Kalau nanti kami main tanggal 5 April, masih sedikit panjang, anak-anak saya liburkan istirahat total dua sampai tiga hari dengan catatan saya memberi pekerjaan rumah pada mereka," jelas Aji.

Pekerjaan rumah yang dimaksud pelatih berusia 49 tahun tersebut adalah menu individual training. Nantinya setiap pemain diberikan tugas untuk tetap menjaga kondisi. Sehingga saat kembali berlatih pada hari Jumat nanti, tidak ada penurunan yang drastis dari kondisi pemain.

Aji juga memberikan pesan khusus kepada anak asuhnya terkait wabah Covid-19. Penggawa Green Force diminta untuk menjaga kebersihan dan kesehatan. "Yang jelas sudah saya sampaikan pada pemain untuk menjaga kondisi fisiknya, agar sistem imunnya lebih tebal, makan yang bergizi, jaga kebersihan, itu disampaikan pada pemain," kata Aji.

Pemain tidak diperbolehkan untuk berpergian jika memang tidak ada kepentingan yang mendesak. Aji juga melarang pemain yang berasal dari luar kota Surabaya untuk pulang kampung. Semua harus stand by di sekitar kota Pahlawan untuk mempermudah pengawasan.

"Untuk itu saya sampaikan pada pemain, kalau saya liburkan, mereka melakukan individual training biar tidak perlu keluar kalau memang tidak terpaksa untuk keluar," terang Aji. "Ya kalau ingin pulang kampung kalau masih di daerah Surabaya dan sekitarnya tidak apa-apa, tapi kalau di daerah jauh-jauh, tidak mungkin, saya larang untuk pulang," imbuhnya.

Aji juga memberikan pesan kepada masyarakat pada umumnya agar tidak panik. "Yang jelas kita tidak perlu takut, tapi perlu waspada. Perlu kita menghindari, tapi bukan berarti kita seenaknya, tidak, artinya kita tetap waspadai agar tidak tertular," pungkasnya. (*)

 

 

Populer

Munster: Kalah-Menang Kami Tetap Bersama, Jangan Saling Menyalahkan
Menang 1-0 Atas Tuan Rumah Bali United, Persebaya U-16 Kokoh di Puncak
Munster Wajibkan Seluruh Pemain Persebaya Ice Bath Setelah Latihan
Catatan Azrul Ananda: Emergency (Bola) Nasional
Persebaya U-16 Percaya Diri Lolos ke Semifinal EPA
Jadwal Padat, Pemain Persebaya Berlebaran di Surabaya