Agung Prasetyo melakukan selebrasi setelah Persebaya unggul 1-0 atas Persib. (Persebaya)
Full Time Liga 1 U-19 Matchday 3 Persib 0-1 Persebaya

Gol Aslan Mengantar Persebaya ke Puncak Klasemen

Persebaya berhasil melanjutkan tren positif di Matchday 3 Liga 1 U-19. Young Green Force menyudahi perlawanan Persib U-19 dengan skor 1-0. Kemenangan yang mengantarkan Persebaya ke puncak klasemen sementara.

Hasil ini harus didapatkan dengan susah payah. Karena sejak menit awal Maung Ngora sudah menekan Persebaya.

Beberapa peluang diciptakan Persib di menit awal babak pertama. Mulai dari tusukan Wandi di menit 4 dan sepakan Ilham Qolba di menit 6. Namun, kedua kesempatan tersebut masih bisa diamankan barisan pertahanan Persebaya. Keasyikan menyerang membuat Persib kelabakan saat Persebaya melakukan serangan balik.

Muhammad Kemaluddin berusaha melewati hadangan pemain Persib. (Persebaya)

Gol akhirnya datang di menit 24. Lewat tendangan bebas Risky Dwiyan yang gagal ditepis sempurna oleh penjaga gawang Persib Fajar Febrianto, membuat bola jatuh di kaki Aslan Wais. Tanpa menunggu lama Aslan melepaskan tendangan keras ke arah kanan gawang Persib dan mengubah kedudukan menjadi 1-0 untuk keunggulan Persebaya.

Persib makin menekan setelah kebobolan. 2 peluang emas di dapatkan di menit akhir babak pertama. Salah satunya lewat tendangan bebas Beckham Putra yang masih dapat diamankan penjaga gawang Persebaya Ababil Syahbela. Terakhir Panji Ali Permana melepaskan tendangan yang membentur tiang gawang Persebaya di menit 46 injury time babak pertama. Skor tidak berubah hingga turun minum.

Pada babak kedua permainan lebih ketat lagi. Terjadi banyak perebutan di lapangan tengah. Masing masing tim kesulitan untuk dapat masuk ke daerah berbahaya. Ketatnya permainan berbuah pada banyaknya pelanggaran. Tercatat 14 pelanggaran dilakukan Young Green Force dan 9 pelanggaran dilakukan oleh Maung Ngora.

Persebaya kembali tertekan di menit 60-an. Namun rapinya pertahanan yang digalang Rifky Afryan membuat pemain depan Persib frustasi. Barisan pertahanan Persebaya menggagalkan sedikitnya 7 usaha umpan silang dari Persib. Hanya pada menit 71 pemain Persib, Jovan Affan mampu menerima crossing, tapi beruntung masih jauh dari gawang Persebaya.

Ketatnya pertandingan juga membuat banyak pemain berjatuhan, baik di sisi Persebaya maupun Persib. Puncaknya Persebaya unggul jumlah pemain di menit 86. Wonderkid Persib Beckham harus ditarik keluar akibat benturan dengan Agung Prasetyo.

Puluhan Bonek hadir di Stadion I Wayan Dipta Bali untuk memberikan dukungan pada Young Green Force. (Persebaya)

Unggul jumlah pemain membuat Persebaya mengambil alih serangan. Menit 89 Jossa Andika mengirim umpan kepada Vengko yang lolos dari kawalan pemain Persib. Namun, sayang bola yang tinggal disontek masih terlalu deras.

Pelatih Persebaya, Uston Nawawi memuji perjuangan anak asuhnya. “Tidak mudah bertanding seminggu 3 kali, maka dari itu saya sangat bersyukur dan berterima kasih anak-anak berjuang keras untuk 3 poin hari ini,” ungkap Uston.

Dengan hasil ini Persebaya U-19 naik ke posisi pertama klasemen sementara Liga 1 U-19 grup 2. Young Green Force mengkoleksi 7 poin dari 3 pertandingan. Selanjutnya Persebaya akan bertanding lagi hari minggu (7/10) melawan Madura United. (*)

BERITA LAINNYA